NasionalUmum

YPI, CRS dan Kelompok PRB Bagikan Ribuan Masker di 5 Desa

SULTENG | MIMBARRAKYAT.ID – Menuju new normal, Yayasan Pusaka Indonesia (YPI), CRS dan Kelompok Pengurangan Risiko Bencana (PRB) desa membagikan 13.300 masker kepada masyarakat.

Kegiatan ini juga sekaligus memasyarakatkan pentingnya melaksanakan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan lokal Covid -19, yang sampai saat ini belum menampakan penurunan, meskipun fase darurat telah beralih dengan fase ke normalan baru.

Adapun kampanye gerakan pakai masker kepada masyarakat dibagi di lima desa satu kelurahan, yaitu Desa Bolapapu 2.000 masker, Namo 1.500, Salua 2 ribu, Kecamatan Kulawi, Desa Tuva 2 ribu, Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi dan Desa Loli Tasiburi 2.300 dan Kelurahan Kabonga Besar 3.500 masker, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Koordinator Program YPI-CRS, Marjoko mengatakan pada fase transisi ini semua masyarakat harus tetap mentaati aturan baik secara pribadi maupun sosial, hal ini untuk tetap memastikan penyebaran Covid -19 tidak menyebar lebih luas ke masyarakat bawah.

Dijelaskan Marjoko, untuk proses pembuatan masker dilakukan oleh kelompok PRB dan kelompok Simpan Pinjam Saving Internal Landing Community (SILC) yang ada lima desa dan satu kelurahan tersebut.

Sehingga ini menjadi tambahan pendapatan perekonomian mereka. Selain membagikan masker, YPI dan CRS juga membuat poster dan 114 tempat cuci tangan komunal, yang akan di ditempatkan di tempat-tempat yang sering dikunjugi oleh banyak orang, seperti balai desa, Puskesmas, rumah ibadah dan lainnya

Advertisement

Marjoko berharap anggota Kelompok PRB dapat ikut mensosialisasikan kewajiban penggunaan masker di masa adaptasi kebiasaan baru ini. Mereka bisa memulainya dengan terus mengingatkan anggota keluarga masing-masing agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

Tak hanya mengenakan masker tapi juga jaga jarak serta penerapan prilaku hidup bersih dan sehat. “Kita mensosialisasikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan hindari kerumunan masa dan mencuci tangan, mudah-mudahan program ini berhasil, “harap Marjoko dalam siaran persnya yang diterima mimbarrakyat.id, Rabu (19/08/2020).

Kegiatan ini disambut baik oleh warga masyarakat khususnya berada di daerah yang sulit mendapatkan masker. Ucapan terimakasih juga disampaikan Ketua Kelompok PRB Kelurahan Kabonga Besar, Rivo Andriadi.

”Saya mewakili kelompok PRB mengucapkan terimakasih kepada YPI dan CRS yang telah turun langsung dan melalui kelompok PRB memberikan masker kepada warga di desa dan kelurahan kami. Mudah- mudahan dengan demikian wabah Covid-19 ini bisa cepat berakhir, ”harapnya. (Sarwo/rill)

Advertisement
Back to top button