DaerahPariwisataPemerintahanUmum

TNI dan Warga Kebut Pembangunan Jalan Desa Sepanjang 4200 Meter

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Prajurit TNI bersama warga saat ini tengah mengebut pembagunan sarana jalan Desa Hutaraja Lamo dan Mondang, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas sepanjang 4200 meter dengan lebar 8 meter.

Pengerjaan sarana jalan ini merupakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 105 tahun 2019.

“Sebelum terjun ke lokasi pekerjaan pembagunan sarana fisik pembukaan akses jalan desa, personel Satgas TMMD melakukan apel dan berdoa bersama warga mohon keberkahan dan keselamatan saat bekerja,” kata Pasiter Kodim 0212/TS, Lettu Inf. Syaiful Abdi, Jumat (26/7/2019).

BACA JUGA :   Tanpa Plang, Pembangunan Irigasi Senilai Rp 11 di Serdang Bedagai Dipertanyakan

Syaiful menjelaskan, sasaran fisik yang dikerjakan adalah peningkatan jalan dengan menggunakan eskavator. Sementara personel bekerja secara manual dengan cara menyisip material pasir dan sertu sebagai bahan pemerataan badan jalan desa.

“Dalam pelaksanaan itu, Satgas TMMD dibantu warga membersihkan lahan dari sampah maupun pepohonan. Kemudian diratakan menggunakan alat berat bomax dan eskavator. Usai pembersihan, dilakukan pekerjaan perataan tanah dengan menggunakan alat buldozer,” ungkap Syaiful.

BACA JUGA :   Diberhentikan, Kades Sepakat Bayar Honor Perangkat Desa Non Aktif
Advertisement

Untuk pengangkutan material berupa batu sertu dan kerikil kasar serta pasir, pihaknya menggunakan alat transportasi dump truk yang senantiasa standby di lokasi guna mengantisipasi bahan material yang dibutuhkan untuk pembagunan jalan desa sesuai program TMMD.

“Sedangkan meratakan permukaan jalan agar rata sekaligus pemadatannya digunakan alat tandem roller. Hal itu untuk menyatukan lapisan pondasi bagian atas permukaan badan jalan dan lapisan bawah agar padat sehingga tidak akan mudah berlubang dan lainnya,” terangnya.

BACA JUGA :   H.Nukman Santuni Anak Yatim Usai Dilantik jadi Anggota DPRD

Ia menambahkan, semua kegiatan yang dilaksanakan dikerjakan secara bergotong-royong dan bahu-membahu bersama masyarakat setempat.

Melalui moment kebersamaan ini dapat membangun hubungan kedekatan serta mewujudkan penting arti kemanunggalan TNI dan rakyat, sehingga TNI menjadi kuat dengan program TMMD yang juga milik rakyat. (Ibnu Nasution)

Advertisement
Berikan Komentar:

Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: