DaerahUmum

Soal Somasi Ke BKM Masjid Nurul Huda, Ketua Upaya Karya TKBM Pelabuhan Belawan : Saya Mohon Maaf

BELAWAN | MIMBARRAKYAT.ID – Ketua Upaya Karya TKBM Pelabuhan Belawan, Sabam Manalu akhirnya melaksanakan  mediasi bersama dengan para tokoh agama dan ulama yang ada kawasan Medan Utara.

Hal ini dilakukan terkait permasalahan surat teguran (Somasi) yang diberikan pengurus TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan kepada pengurus BKM Masjid Nurul Huda di Kompleks Yuka, Kelurahan Tangkahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan antara pengurus TKBM dan para tokoh agama dan ulama  yang diadakan di Lesehan Srikandi di Jalan Marelan Raya, Kelurahan Tanah 600, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (18/08/2020) kemarin.

Terlihat hadir dalam mediasi tersebut seperti di antaranya pengurus MUI Medan Labuhan dan Medan Marelan, BKM Masjid Nurul Huda, serta Ormas Islam seperti Kaumi FUI dan juga Ketua dan pengurus TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan dan pihak  Kepolisian Sektor Medan Labuhan.

Sabam Manalu selaku Ketua TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan dalam confrence Persnya seusai pertemuan mengucapkan permohonan maaf atas kelalaian dirinya dan anggota.

“Saya atas nama Ketua TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan dan mewakili seluruh pengurus meminta maaf kepada seluruh umat Islam dan pengurus BKM Masjid Nurul Huda atas kelalaian anggota saya dalam menyampaikan surat teguran tersebut, tidak ada sedikitpun niat kami untuk memberikan surat teguran apalagi untuk menggangu rumah ibadah, “ucap Sabam Manalu.

Advertisement

Sementara itu H Irfan kepada wartawan mengatakan dirinya mewakili Ormas Islam telah mendengar penjelasan dari para pengurus Koperasi TKBM Pelabuhan Belawan tentang surat tersebut dan telah juga disepakati point – point dalam musyawarah ini.

“Saya dan para alim ulama yang ada di Medan Utara tidak mau masalah ini berlarut – larut dan menjadi membesar. Dengan adanya pertemuan ini kita jadi tahu asal permasalahannya. Kita sepakat untuk tetap menjaga keharmonisan antar beragama di Kota Medan khusunya di Medan Utara ini,” ucap H Irfan Hamidi.

“Kita berharap permasalahan ini tidak lagi diperbesar. Permohonan maaf yang disampaikan Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Belawan, Sabam Manalu kepada Umat Islam dan pengurus BKM Masjid Nurul Huda adalah bentuk keberagaman saling menghargai perbedaan dalam beragama, hal ini harus kita jaga dan pelihara agar Medan tetap aman dan damai, “tambahnya.

Sebelumnya permasalahan ini timbul di saat Pengurus BKM Masjid Nurul Huda yang berada di Komplek Yuka, Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Provinsi Sumut memperoleh surat somasi dari pengurus Koperasi TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan untuk mendata ulang asset milik koperasi dan akan melakukan pengosongan. (Irwan Pane)

Advertisement
Back to top button