DaerahPariwisataPemerintahanUmum

Program TMMD Membangun Mental, Karakter dan Patriotisme

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Program Tentara Manunggal Mambangun Desa (TMMD) Reguler 105 Tahun 2019 merupakan wujud kerjasama TNI AD bersama Pemerintah dan masyarakat.

“Program ini tidak hanya membangun pembangunan fisik tapi juga membangun mental, karakter, nasionalisme, patriotisme dan memanfaatkan potensi warga desa,” kata Dansatgas TMMD Kodim 212/TS Letkol Inf.Akbar Nofrizal Yusananto, Kamis (25/7/2019).

Dikatakannya, manfaat program ini sangat efektif, karena dirasakan secara langsung dampak oleh masyarakat Desa Hutaraja Lamo dan Mondang, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas serta memberi output menggelorakan semangat nilai Pancasila.

BACA JUGA :   Umat Buddha Nusantara Serahkan Bantuan Pelindung Diri Covid 19

Program TMMD yang dilaksanakan dengan terjun langsung ke Desa Hutaraja Lamo dan Mondang bertujuan menggugah masyarakat untuk ikut berpartisipasi serta menanamkan kedisplinan terhadap warga.

Menurut Dandim, kalau karakter disiplin sudah tertanam bagus di tengah pergaulan dan kehidupan masyarakat maka dengan sendirinya menjadi modal utama mempercepat pembangunan.

BACA JUGA :   Pengedar Sabu Tertunduk Lesu Ditangkap Polisi
Advertisement

“Disiplin yang dimaksud yaitu disiplin dalam programnya, disiplin dari pelaksanaannya dan disiplin dalam waktu,” kata Dansatgas TMMD ke 105 Kodim 0212/TS.

Ia mengatakan, melalui program TMMD juga bisa menyatukan pandangan masyarakat dengan prajurit TNI. Masyarakat juga merasa bersatu dengan TNI dalam melaksanakan aktivitas kegiatan pembangunan, sehingga terbangunnya kebersamaan dan keakraban yang terjalin menjadi modal dalam menyukseskan pembangunan di pedesaan.

BACA JUGA :   Kapolri : Polri Berkomitmen Laksanakan Penegakan Hukum Secara Profesional dan Berkeadilan

Di sisi lain, tambah Dandim, program TMMD juga dapat mengembalikan semangat gotong royong menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

“Semangat gotong royong harus dijaga terus, karena program TMMD sangat selaras dengan program pemerintah daerah karena sama-sama ingin membangun dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (Ibnu Nasution)

Advertisement
Berikan Komentar:

Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: