PolhukamUmum

Pemunculan Buaya di Sungai Deli Viral di Medsos, Ini Penjelasan Kepala BBKSDA Sumut

MEDAN | MIMBARRAKYAT.ID –
Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah melakukan penelusuran terkait kemunculan Buaya berukuran sekitar 1,3 Meter di aliran Sungai Deli, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumut yang viral di media sosial (Medsos) tersebut.

“Kita mengetahui kemunculan Buaya tersebut dari facebook maupun Instagram. Tim BBKSDA Sumut sudah turun ke sana, “terang Kepala BBKSDA Sumut, Hotmauli Sianturi saat ditanya wartawan, Rabu (02/09/2020).

Lalu sesampainya di sana masih dikatakannya, tim BBKSDA Sumut lantas berkoordinasi dengan warga yang berada di pinggiran aliran sungai kemunculan Buaya tersebut.

Setelah ditanya, warga membenarkan adanya melihat Buaya berukuran 1,3 Meter tersebut. Namun sayangnya, di saat Tim BBKSDA Sumut turun tidak ada menemukan bintang reptil tersebut.

“Dari keterangan masyarakat setempat, pada 31 Agustus lalu terjadi hujan deras di Medan. Kemungkinan di situ dia menghilang, sekarang sudah tidak ada lagi di situ dan mungkin sudah terbawa ke tempat lain,” jelas Hotmauli seraya menegaskan kalau lokasi penemuan Buaya di pinggiran aliran Sungai Deli tersebut bukanlah habitat Buaya, diduga Buaya itu kemungkinan lepas dari peliharaan orang.

Advertisement

“Kita akan tetap melakukan komunikasi dengan warga sekitar, seandainya Buaya tersebut ketemu bisa dihubungi ke call center BBKSDA Sumut untuk dilakukan penanganan, “imbaunya.

Sebelumnya kemunculan seekor Buaya di aliran Sungai Deli, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumut menjadi viral di media sosial (Medsos).

Video kemunculan buaya ini diunggah oleh salah seorang pengguna medsos Facebook, @Bang Raditya, Senin (31/9/2020) kemarin. Dalam tayangan video yang berdurasi tidak sampai 60 detik itu terlihat, seekor buaya berukuran sedang berada di pinggiran Sungai Deli. Sontak, penampakan hewan predator inipun mengejutkan sejumlah warga yang berada di lokasi tersebut.

“Buaya berkeliaran di Sungai Deli,” tulis akun Facebook Bang Raditya. Begitu diunggah kemunculan Buaya ini seketika menjadi perbincangan warganet, hingga Selasa (01/09/2020) postingan tersebut sudah 701 kali dibagikan dan dikomentari 57 netizen. (Sarwo)

 

Advertisement
Back to top button