PemerintahanUmum

Susur Sungai dengan Pemko Medan, Kapolrestabes : Kolaborasi Unsur Forkompinda Bebaskan Sungai Deli dari Sampah

MEDAN | MIMBARRAKYAT.ID – Pelaksana tugas Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi MH diwakili Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Arjuna Sembiring bersama Kapolrestabes Medan, Kombes Jhonny Edizzon Isir beserta unsur Forkopimda Kota Medan lainnya menggelar susur dan bersih-bersih Sungai Deli, mulai Avros hingga jembatan Jalan Perdana, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (18/02/2020).


Jarak tempuh penyusuran dan bersih-bersih Sungai Deli yang dilakukan sekitar 5,6 kilometer. Melalui kegiatan ini, masyarakat yang bermukim di sekitar bantaran sungai diharapkan dapat mendukung kebersihan.

Selain jajaran kelurahan dan kecamatan, aksi susur dan bersih-bersih sungai juga melibatkan unsur BPBD Kota Medan, TNI, Polri, komunitas, kepala lingkungan serta Pramuka. Di bawah siraman hujan, penyusuran dilakukan dengan menggunakan sejumlah perahu karet. Baik Arjuna, Kapolrestabes serta unsur Forkopimda mengenakan pelampung. Pasca Apel Siaga yang digelar di Istana Maimun, Rabu (22/01/2020) lalu kondisi kebersihan di sepanjang Avros hingga jembatan Jalan Perdana, Kota Medan mulai terlihat kebersihannya.

BACA JUGA :   Bupati H Andi Apresiasi Pangelaran MTQ dan Festival Nasyid Hasil Patungan Kades

Pasalnya, jelas Arjuna, jarak sepanjang 5,6 KM itu 36 titik, masing-masing 18 titik sebelah kiri dan 18 titik sebelah kanan dengan jarang satu titik ke titik lainnya lebih kurang 300 meter. Setiap titiknya sudah dapat petugas yang menanggungjawabi kebersihannya. “Masing-masing penanggung jawab beserta anggota bertanggungjawab untuk menata dan menjadikan bersih setiap titik tersebut,” kata Arjuna.

Alhamdulillah kata Arjuna, berdasarkan hasil penyusuran yang dilakukan, kawasan bantaran Sungai Deli mulai Avros mulai bersih. Ditambah lagi imbuhnya, antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi mendukung kebersihan cukup tinggi, mereka dengan sukarela membersihkan bantaran sungai dari sampah.

BACA JUGA :   Fatwa MUI Medan : Kendaraan Bodong Hukumnya Haram

Apabila kawasan bantaran Sungai Deli, mulai Avros sampai jembatan Jalan Perdana sudah bersih, terang Arjuna, aksi pembersihan akan dilanjutkan lagi hingga jembatan Jalan Cilingcing, Medan Barat sepanjang 3 KM.

Direncanakan, ada 11 titik yang telah ditetapkan menjadi focus pembersihan. “Setelah itu kita lanjutkan lagi hingga Marelan dan Belawan. Jadi harapan kita, semua masyarakat dapat ambil bagian dalam aksi pembersihan ini,” harapnya.

Selanjutnya papar Arjuna, setiap hari Rabu, BPBD Kota Medan akan memfasilitasi siswa, terutama anak-anak SD untuk go river, mulai Avros hingga jembatan Jalan Perdana. Dalam go river itu jelas Arjuna, siswa SD akan mengajak seluruh warga yang tinggal di sepanjang bantaran sungai agar menjaga kebersihan sungai.

BACA JUGA :   Rakor Forkopimda, Bupati : Sinergitas Solid antara Jajaran Pemkab Sergai bersama Unsur Pimpinan

“Kalau ini berjalan, kita akan lakukan go river 2 kali seminggu, ”ungkapnya. Sementara itu Kapolrestabes Medan, Kombes Jhonny Edizzon Isir sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan susur dan bersih-bersih sungai tersebut.

Dikatakan Kapolrestabes, kegiatan ini sebagai bentuk kolaborasi unsur Forkompinda untuk membebaskan Sungai Deli dari sampah. “Harapannya ke depan kolaborasi ke depan makin intens. Kita siap mendukung, pokoknya wilayah sungai harus bersih sampah ,” tegas Kapolrestabes.(Sarwo/rill)

Berikan Komentar:
Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: