Umum

Peduli Umat, FK UISU Berbagi 130 Paket Sembako kepada Kaum Duafa

MEDAN | MIMBARRAKYAT.ID – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU), menggelar silaturahmi dan doa bersama Civitas Akademika Fakultas Kedokteran yang berlangsung di Aula Serbaguna FK UISU Jalan STM dan via daring, Sabtu (21/11/2020).

Pada silaturahmi ini, FK UISU membagikan 130 paket sembako yang terkumpul dari para donatur seperti staf pengajar FK.UISU dan UISU kepada kaum duafa di sekitar kampus. Pemberian ini merupakan wujud kepedulian FK UISU kepada umat.

“Sebenarnya kita ada catur darma UISU, salah satunya dakwah islamiyah. Seperti UISU, kata ‘i’ ini sebenarnya yang paling ditekankan. Inilah yang membedakan UISU dengan fakultas kedokteran yang lain. Sehingga ketika kita selesai melaksanakan pendidikan, ‘i’ nya ini yang harus menonjol,” ujar Dekan FK UISU, dr Indra Janis MKT.

Di sisi lain, Indra menekankan agar menjauhi 5 penyakit hati seperti sombong, ujub (prilaku mengangungi diri sendiri), hasad (iri dan dengki), riya (pamer) dan bakhil (kikir).

Makanya, dalam kesempatan itu, Indra menukil surah Ali’Imran ayat 180. “Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah melihat apa yang kamu kerjakan,” ucapnya mengutip.

Advertisement

Untuk menjauhi sifat itu, Indra menyerukan, agar tanamkan keyakinan bahwa segala sesuatu hanya milik Allah dan banyak bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. “Serta selalu merenungi bahwa mereka yang tidak mampu merupakan saudara kita. Oleh karena itu, marilah kita menjauhi sifat sifat yang tak baik itu,” serunya.

Indrapun mengajak, seluruhnya untuk berlomba lomba berbuat kebaikan seperti pembagian paket sembako yang digelar saat ini. “Setelah ini dan kalau memang ada donatur nanti, kita akan ke rumah tahfiz, anak yatim atau ke panti asuhan. Di samping itu, dengan adanya berbagi rezeki ini, mudah mudahan kita yang ada di sekitar civitas akademika FK UISU ini mendapat keberkahan dari Allah atas harta maupun ilmu yang kita berikan,” tutupnya.

Acara ini juga dirangkaikan dengan tausyiah agama yang disampaikan oleh ustadz Syahmuda Manurung, SHI.

Pada silaturahmi dan doa bersama ini, hadir juga Wakil Dekan Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah FK UISU dr Dewi Pengestuti M.Biomed, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola dr Siska Anggreni Lubis SpKK, MPd.Ked, FINSDV, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Kewirausahaan dr Alamsyah Lukito MKes, Ka.Prodi, Kepala Bagian, dosen dan para pegawai.

Advertisement
Back to top button