PolhukamUmum

Lantamal I Belawan Kembali Bagikan Sembako Tahap III

BELAWAN | MIMBARRAKYAT.ID – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) bekerjasama dengan Sahabat Lantamal melaksanakan bhakti sosial (Bansos) berupa pembagian bahan pokok dan masker kepada masyarakat yang berada di kawasan Belawan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin (18/05/2020).

Bhakti sosial pembagian Sembako ini merupakan bentuk kepedulian antar sesama pada masa pandemi Covid-19 berlangsung. Kegiatan ini  terselenggara atas kerjasama dan bantuan dari Sahabat Lantamal I di antaranya PSMTI, HAQI, TAL Medan, Gabungan Pengusaha Gabion dan Yayasan UBN Indonesia. Pelaksanaan pembagian Sembako tersebut sudah dimulai beberapa pekan lalu.

Di mana untuk kali ini memasuki tahap ketiga pembagian yang pelaksanaannya masih tetap berusaha menyisir masyarakat yang membutuhkan akibat terdampak Covid-19 di daerah pelosok, serta untuk masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan sebelumnya.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid menyampaikan Lantamal I telah dan masih terus menyalurkan bahan makanan pokok bantuan dari Sahabat Lantamal. Sampai dengan saat ini sudah sebagian besar tersalurkan dari bantuan yang terkumpul sebanyak 7,5 ton beras, 10 ribu bungkus mie instant dan 1.200 buah masker.

“Sebagian kita sampaikan bantuan Sembako di tengah laut agar personel Lantamal I bisa bertemu langsung dengan nelayan yang sedang melakukan aktifitas penangkapan ikan di perairan Belawan, sambil mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker dan melakukan pola hidup sehat untuk mencegah penularan Covid-19, ”ungkapnya.

Selain di laut, Lantamal I menyalurkan bantuan Sembako kepada masyarakat di sekitar Belawan, Martubung, Cingwuan, Kampung Nelayan Belawan dan Kampung Nelayan Pelangi yang merupakan desa binaan Lantamal I dalam Program Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) yang ada di wilayah kerja Lantamal I.

Advertisement

Dalam pelaksanaanya di lapangan Lantamal I melakukan pembagian dari rumah ke rumah, sehingga tidak terjadi berkumpulnya massa sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

“Martubung kita sisir pada saat banjir akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini. Semoga ini menjadi bentuk penghibur dan tali asih dengan masyarakat di sana di tengah pandemi ini. Selain itu, saya terus perintahkan kepada jajaran Pom Lantamal I untuk selalu melakukan patroli dan mengimbau masyarakat di sekitar Belawan serta Komplek Perumahan Angkatan Laut yang tersebar di wilayah Medan untuk selalu melakukan sosialisasi berpola hidup sehat, menjaga jarak/social distancing dan menggunakan masker sebagai upaya dalam pencegahan penularan Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, ” tegasnya.

Pembagian Sembako yang melibatkan seluruh personel Lantamal I baik itu Personel Militer, Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dan PNS juga diikuti oleh istri -istri prajurit Lantamal I yang tergabung dalam Jalasenastri Korcab I Daerah Jalasenastri Armada I. Jalasenastri Korcab I sebelumnya telah berkreasi secara mandiri membuat ratusan masker untuk turut serta dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan akibat kelangkaan dan mahalnya masker di pasaran.

“Diharapkan hari ini Lantamal bisa menyelesaikan Pembagian Sembako tahap ketiga ini, tanpa menutup kemungkinan akan kembali melakukan pembagian apabila ada Sahabat Lantamal I yang akan menyalurkan bantuannya. Lantamal I akan selalu berupaya menjangkau masyarakat terdampak Covid-19 di pelosok yang sebelumnya belum tersentuh mendapatkan bantuan pada masa Covid-19 berlangsung, ” tutupnya. (Irwan pane)

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button