NasionalPolhukamUmum

KPU Selayar Gelar Sosialisasi Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020

SELAYAR | MIMBARRAKYAT.ID –
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Sosialisasi Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang digelar di
Ramdhan Coffe Jalan KH Abd Kadir Kasim, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulsel, Senin (24/08/2020).

Ketua KPU Kepulauan Selayar, Nandar Jamaluddin mengatakan kegiatan sosialisasi ini digelar seiring dengan semakin dekatnya masa pelaksanaan tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati yang dijadwalkan akan berlangsung, Jumat (04/09/2020) sampai dengan Minggu (06/09/2020) mendatang.

Rangkaian acara sosialisasi pencalonan ini dibuka Koordinator Divisi (Kordiv) Tekhnis KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Dewantara yang didampingi Kordiv Data, Sukardi selaku narasumber.

Sejumlah penekanan penting terkait dengan tata cara penyerahan dukungan, mekanisme verifikasi, tata cara pendaftaran, syarat calon, persyaratan pencalonan, tata cara dan mekanisme penetapan bakal pasangan calon dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, diulas secara gamblang oleh Andi Dewantara, dalam kapasitasnya selaku Kordiv tekhnis KPU.

Advertisement

Sosialisasi pencalonan Bupati dan Wakil Bupati diakuinya merupakan amanah Pasal 103 D, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 18 Tahun 2019 yang memuat kewajiban KPU untuk melakukan tahapan sosialisasi pencalonan Bupati dan Wakil Bupati.

Penekanan tersebut dilontarkannya dihadapan jajaran perwakilan, anggota Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) yang terdiri dari Wakapolres Selayar, Kompol Abd Rahman, Kasdim 1415/Selayar, Kapt Inf Busrah L, dan Kasie Datun Kejari Selayar, Trismanto, SH.

Tahapan sosialisasi pencalonan Bupati dan Wakil Bupati yang dipandu Sekretaris KPU Selayar, Asmar Sugianto, SSTP tersebut, sempat menghangat dan berlangsung alot, menyusul berkembangnya materi diskusi akan kemungkinan, adanya partai politik pengusung pasangan calon yang dikendarai orang lain. Sementara pengurusnya, berpihak kepada bakal pasangan calon (Bapaslon) lain.(rill)

 

Advertisement
Back to top button