PariwisataUmum

Hati-hati, di Perairan Sumut dan Aceh Tinggi Gelombang Laut Bisa Capai 5 Meter

MEDAN | MIMBARRAKYAT.ID – Badan Meteorologi Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Kota Medan menganalisis akan terjadi gelombang tinggi perairan laut di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh yang mencapai berkisar antara 2,5 Meter hingga 5 Meter mulai Minggu (21/7/2019) sampai Senin (22/7/2019). Untuk itu, BMKG mengharapkan masyarakat agar selalu hati-hati dan mewaspadainya.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG), Syahnan menyampaikan untuk di Sumatera Utara, yakni di Perairan Kepulauan Nias-Sibolga ketinggian gelombang yang dapat terjadi mencapai 0,5 hingga 3 Meter.

BACA JUGA :   WHO Hentikan Uji Hydroxychloroquine Sebagai Obat Covid-19

Sedangkan untuk di Samudera Hindia Barat Kepulauan Nias, ketinggian gelombang mulai dari 3 hingga 5 Meter, dan Selat Malaka bagian tengah 0,5 hingga 1 Meter.

Advertisement
BACA JUGA :   Resmi Dilantik Sebagai Ketua Kampung BPRPI Desa Sampali, Ini Janji M Daud

Sementara itu, di Provinsi Aceh, ketinggian gelombang yakni, untuk Selat Malaka bagian Utara ketinggian gelombang 0,75 hingga 2,5 Meter. Perairan Lhokseumawe 0,5 hingga 1 meter. Lalu, perairan Banda Aceh-Sabang 0,5 hingga 4 Meter, perairan Barat Aceh 0, 5 hingga 3,5 Meter, Samudera Hindia Barat Aceh 2 hingga 4 Meter, dan perairan utara Sabang 2,5 hingga 4 Meter.

BACA JUGA :   Bantu Bocah Disabilitas Sejak Lahir, Kabaharkam Polri : Wujud Kepedulian Polri Kepada Masyarakat

“Untuk gelombang maksimum dapat mencapai 2 kali tinggi gelombang yang diperkirakan. Angin di perairan Sumatera bagian utara pada umumnya bergerak dari timur hingga selatan dengan kecepatan 02 – 20 knot,” pungkasnya.(srw)

Advertisement
Berikan Komentar:

Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: