Umum

Dinkes Sumut akan Libatkan FK UISU di Tim Teknis Corona Virus

MEDAN | MIMBARRAKYAT.ID – Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara akan menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) untuk dimasukkan ke dalam Tim Teknis Penanggulangan Corona Virus di bawah arahan Gubernur Sumut, Letjend TNI (Purn) H Edy Rahmayadi.

“Kita ucapkan terimakasih atas kepedulian dan kesediaan FK UISU untuk itu. Nantinya (FK UISU) akan kita masukkan ke dalam tim teknis,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan dalam wawancara via WhatsApp, Selasa (28/1/2020) sore.

Alwi menjelaskan, pihaknya kemarin sudah melakukan rapat dan membentuk tim teknis sesuai dengan arahan Gubernur.

“Kita sudah rapatkan kemarin dengan Bapak Gubernur. Jadi, tim sudah bergerak sambil menunggu SK tim ditandatangani oleh Bapak Gubernur. Soal administrasi, akan selesai sambil berjalan, karena ini perintah langsung dari Pak Gubernur,” jelasnya.

Dalam tim tersebut, sambung Alwi, antara lain KKP Klas I Medan sebagai pintu terdepan, RSUP H Adam Malik sebagai rumah sakit rujukan yang memiliki kamar isolasi, kemudian RS USU, RS Pirngadi, RS Haji, RS Lubuk Pakam.

BACA JUGA :   Siswa Sumut Harumkan Indonesia di Tingkat Dunia

“Di tim ini juga ada BTKL, Kesdam, Bidddokes Polda, RS AL, Kesbang, Binda, Angkasa Pura, Pelindo, dan Imigrasi. Dalam tim terpadu ini diharapkan kita bisa saling menguatkan,” terangnya.

“Nantinya kita juga akan memberikan sosialisasi terbatas, karena kita tidak mau membuat resah masyarakat. Kita mohon bantuan doa dari masyarakat agar tim ini dapat bekerja lebih baik lagi dalam menghalau masuknya virus ini ke Indonesia, khususnya Sumatera Utara,” harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan bertemu dan berbincang dengan pihak Angkasa Pura, meminta perhatian untuk penyediaan ruang isolasi di Bandara Kuala Namu

Selain membuat tim teknis, dirinya juga sudah meninjau ke Bandara Kualanamu.

“Saya sudah meninjau ke Bandara Kualanamu untuk melihat kesiapan petugas dan peralatan. Kita juga sudah bertemu dengan pihak Angkasa Pura sembari berdiskusi dan meminta agar adanya ruangan isolasi, mana kala ada penumpang yang diduga mengarah ke sana (terduga corona). Jadi dalam diskusi tadi, ruang isolasi sudah disepakati dan pihak Angkasa Pura akan membuatnya,” tambah Alwi.

Meninjau alat thermal scanner, deteksi suhu badan sebagai front terdepan dalam kesiapsiagaan terhadap virus nCoV di Bandara Kuala Namu

Kepada masyarakat, Alwi mengimbau untuk tidak perlu resah, khawatir atau takut dan jangan percaya dengan berita yang belum diketahui kebenarannya alias hoax.

BACA JUGA :   Bagikan 100 Bungkus Nasi Ke Pengguna Jalan, Kasatlantas Polrestabes Medan : Sambil Sampaikan Pesan Kamtibmas

“Kami mohon bantuan doa dari masyarakat, karena bantuan doa masyarakat bisa membantu memberikan kekuatan kepada kami untuk menangkal tidak masuknya virus,” pintanya.

Untuk itu, masyarakat diminta untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ini dilakukan agar daya tahan tubuh kuat menangkal virus.

“Makan makanan yang bergizi, bervitamin, cuci tangan, karena penularannya melalui mukosa, lewat tangan, lewat udara dan sebagainya. Dengan sering mencuci tangan, dapat mengurangi kemungkinan terpapar, kalau flu atau dikeramaian, hendaknya menggunakan masker,” pesannya.

Di hari yang sama, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) mengambil peran untuk menyebarkan informasi melalui sosialisasi Emerging Infectious Disease Corona Virus, Selasa (28/1/2020) pagi tadi.

Sosialisasi yang dihadiri 3 narasumber seperti Prof dr Tamsil Syafiudin Sp P, (K) dr Ziad Batubara, MPH dari KKP Klas I Medan dan dr. Rina Yunita, Sp.MK (K) dari PAMKI Kota Medan, dilaksanakan di Aula Serbaguna FK UISU Jalan STM Medan.

BACA JUGA :   Kapolres Labuhanbatu Turun ke TKP Insiden Kecelakaan Maut

Dalam kesempatannya, Rektor UISU DR Yanhar Jamaluddin MAP menerangkan, Universitas Islam Sumatera Utara mengambil peran untuk menyebarkan informasi melalui sosialisasi tentang virus corona. Dengan harapan, masyarakat paham bagaimana cara pencegahannya.

“Sosialisasi ini kita berikan kepada masyarakat, kepada civitas akademika kita supaya mengetahui pasti seperti apa virus corona ini,” ungkap Rektor.

Dalam sosialisasi ini, Rektor berharap, adanya upaya pencegahan agar penyebaran virus tersebut dapat dilakukan sedini mungkin.

“Harapan kita kepada masyarakat melalui sosialisasi ini, bisa melakukan pencegahan dan bisa mengambil langkah langkah agar bisa merubah hidup menjadi lebih sehat lagi,” harapnya.

Selain itu, Rektor juga berharap, Fakultas Kedokteran UISU dapat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sumatera Utara untuk melakukan pencegahan dan sosialisasi seperti apa virus corona ini.

“Tentunya melalui program bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, kita turut serta mengabdikan diri kepada masyarakat,” tutupnya.

Berikan Komentar:

Tags
Check Also
Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: