PendidikanUmum

Di Acara Bedah Buku, Ustadz Abdurrohim : Keimanan Harus “Dicas” dengan Membaca Al Quran dan Tafsirnya

MEDAN | MIMBARRAKYAT.ID – Semua umat Islam untuk terus mengasah dan meningkatkan iman dengan berbagai cara dalam kehidupan sehari-harinya. Dalam meningkatkan iman tersebut dapat dilakukan dengan cara membaca Kitab suci Al Quran, melaksanakan shalat dan membaca tafsir.

Hal itu disampaikan Ustadz Abdurrohim Harahap dalam tausiyah keagamaannya saat hadir di acara Bedah Buku, Mencari Hidayah Tuhan yang diselenggarakan oleh pengajian  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Alumni SMP Negeri 12/14 Medan.

Kegiatan yang digelar di Masjid Ar Ramlah Jalan Sejati, Kelurahan Sidorame Barat I, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Minggu (30/08/2020) tersebut, Ustadz Abdurrohim Harahap ini juga menambahkan kalau iman terdiri dari berbagai jenis, ada iman yang tidak bertambah dan tidak berkurang yakni imannya malaikat.

“Ada iman yang tidak pernah bertambah tapi makin berkurang. Ada iman yang bertambah dan berkurang. Inilah iman manusia. Keimanan kita harus dicas. Makanya, kita harus senantiasa membaca Al Quran dan tafsirnya demi meningkatkan iman kita,”sebut Ustadz Abdurrohim yang juga penulis dan pengarang buku Mencari Hidayah Tuhan.

Pengarang buku Mencari Hidayah Tuhan ini menyebutkan, Allah selalu memberi hidayah kepada siapa saja yang berusahan mencari jalan kebenaran, sebagaimana yang terinspirasi dari kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan. Ada banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari kisah perjalanan intelektual dan spiritual Nabi Ibrahim AS. Hendaklah manusia selalu dan terus berusaha mencari ilmu kebenaran.

Ibrahim AS sekalipun calon Nabi dan Rasul Allah, yang sekiranya dia tidak berusaha mencari Tuhan pun, Allah pasti akan menurunkan petunjuk dan hidayah kepadanya.

“Akan tetapi, Ibrahim AS tidak berdiam diri, menunggu datangnya hidayah, akan tetapi ia terus berusaha mencari kebenaran hingga datangnya hidayah Tuhan,” jelas Ustadz Abdurrohim yang telah menulis 5 judul buku ini.

Advertisement

Ustadz Abdurrohim mengingatkan hendaknya manusia dalam menempuh proses belajar serta pamatangan intelektual dan spiritualnya. Mulailah dari mengerjakan hal-hal kecil dan sederhana untuk kemudian beranjak menuju yang lebih komplek dan sempurna. Hendaknya manusia selalu berhijrah ke arah yang lebih baik dalam menjalani kehidupannya.

Ustadz Abdurrohim Harahap berharap buku yang terdiri dari 35 bab ini tidak hanya khusus untuk umat Islam saja, namun buku ini juga bermanfaat bagi non muslim demi meningkatkan rasa keimanannya.

Sementara itu, Pelaksana Ketua Harian DPP IKA SMPN 12/14, Abdul Wahid Nasution menyebutkan kalau kegiatan bedah buku yang dilaksanakan bidang Keagamaan, Sosial dan Kemasyarakan (KSK) DPP IKA SMP Negeri 12/14 merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para alumni, karena dari inti sari buku Mencari Hidayah Tuhan, Insya Allah akan menambah keimanan para alumni.

“Setelah membaca buku Mencari Hidayah Tuhan, Insya Allah keimanan para alumni semakin meningkat dan semakin rajin dalam melaksanakan shalat dan ibadah lainnya,” harap Abdul Wahid Nasution. Ketua panitia Heri Prabudi menyebutkan, acara bedah buku Mencari Hidayah Tuhan dihadiri oleh Sekretaris Umum DPP IKA SMP Negeri 12/14 Dwikora, Ketua bidang KSK Chairul Anwar Yun Harahap, seluruh alumni dari berbagai angkatan/lintas alumni serta para pengurus BKM Al Ramlah dan jamaah Masjid Al Ramlah.

Penulis dan pengarang buku tersebut juga memberikan buku Mencari Hidayah Tuhan kepada pengurus DPP IKA yang diwakili oleh Pelaksana Ketua Harian DPP IKA SMP Negeri 12/14 Medan Abdul Wahid Nasution. (Sarwo/rill)

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button