PariwisataUmum

Bupati Deli Serdang dan Stafsus 3 Kementerian BUMN Apresiasi Objek Wisata Sawah Pematang Johar

PEMATANG JOHOR | MIMBARRAKYAT.ID – Bupati Deli Serdang, H.Anshari Tambunan dan Staf Khusus 3 Kementerian BUMN Arya Sinulinga mengapresiasi Kepala Desa Pematang Johar, Sudarman saat peresmian objek wisata sawah Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Senin (3/2/2020) sore kemarin.

Bupati Deli Serdang H.Anshari Tambunan merasa bangga kepada Kades Pematang Johar Sudarman yang telah berinovasi menciptakan Desa Pematang Johar menjadi Desa Wisata Sawah, sehingga menjadikan Desa Pematang Johar terbaik kedua nasional.

Bupati Deli Serdang berharap, Kades lainnya bisa mengikuti jejak yang membanggakan dari Kades Pematang Johar tersebut.

Apresiasi juga disampaikan Arya Sinulingga selaku Staf Khusus 3 Kementerian BUMN. Arya mengakui, hebatnya Kades Pematang Johar bisa mendatangkan tokoh-tokoh dan pejabat nasional ke desa ini.

“Saya senang ternyata PT.KIM di sini memperhatikan Lingkungan dan membantu lingkungan sekitarnya. Begitu juga nantinya dengan BUMN lainnya seperti Pelindo I,” ucap Arya Sinulingga.

BACA JUGA :   Sapa Subuh di Masjid Baitul Muslimin, Kapolrestabes Medan : Jalin Silaturahim Serta Jaga Persatuan dan Kesatuan

Sebelumnya, Staf Khusus 3 Kementerian BUMN yang didampingi Direktur keuangan umum mewakili Dirut PT.KIM dan Wakil Gubernur Sumut H.Musa Rajekshah meresmikan Desa Wisata Sawah di Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.

Peresmian desa wisata sawah tersebut ditandai dengan membuka plank Desa Wisata Binaan PT.KIM sekaligus memukul gong oleh Staf Khusus Kemeneg BUMN, Wakil Gubernur Sumatera Utara dan Direktur Keuangan Umum mewakili Dirut PT.KIM beserta Forkopimda lainnya.

Dalam sambutannya, Kades Pematang Johar, Sudarman memaparkan profil mengenai wilayah objek Lokasi Desa Sawah di Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran para undangan di acara peresmian ini serta merasa bangga atas diresmikannya desa sawah di Desa Pematang Johar ini yang turut dihadiri tamu agung. Semoga ini sebagai support untuk terus berinovasi bagi kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

BACA JUGA :   Tatap Muka dengan Masyarakat Medan Timur, Kapolrestabes Medan : Perangi Narkoba dan Tingkatkan Pamswakarsa

Ide terciptanya desa sawah ini, kata dia, berawal dari adanya kunjungan Bupati Deli Serdang bersama dirinya ke Bali yang ada lahan sawah sebagai lokasi wisata sawah.

“Berangkat dari ide itulah terlahir wisata sawah bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2018. Terus bekerjasama dengan Mahasiswa USU, UMSU, Universitas Medan Area dan Stok Binaguna,” terangnya.

“Karena PT.Kawasan Industri Medan yang letaknya berdampingan dengan Desa Pematang Johar, maka kami menyurati PT.KIM dan akhirnya PT.KIM hadir pada waktunya dengan memberikan dana CSR nya hingga desa sawah ini menjadi Binaan dari PT.KIM,” tambahnya.

Sudarman menjelaskan, ada 40 pedagang dan ratusan warga yang berperan mengerakkan tumbuhnya ekonomi atas lahirnya wisata sawah ini.

BACA JUGA :   Plt Walikota Medan : Dukung & Sukseskan MTQ Ke 53

“Ada sekitar 1750 hektar sawah yang ada di Pematang Johar, potensi inilah yang dikelola menjadi Wisata Edukasi Sawah kepada seluruh masyarakat,” tukasnya.

Tak sekadar berwisata saja, keberadaan wisata sawah ini juga mengedukasi masyarakat dari mulai cara bercocok tanam, merawat hingga memanen padi sampai menjadi beras yang nikmat untuk dimasak dan disantap.

“Kita punya komitmen 3 tahun kedepan wisata sawah terus bersolek menjadi ikon Kabupaten Deli Serdang hingga naik kelas ke tingkat nasional maupun internasional bergerak bersama Bumdes dan BUMN. Kita juga mengembangkan produksi batik sawah asli produksi masyarakat Desa Pematang Johar,” papar Sudarman. (Pane)

Berikan Komentar:

Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: