Umum

Bobby Nasution Akan Pugar Makam Guru Patimpus

MEDAN | MIMBARRAKYAT.ID – Pasangan Calon Walikota Medan Nomor Urut 2 Bobby Nasution dan Aulia Rachman berziarah ke makam pendiri Kota Medan, Guru Patimpus Sembiring di Desa Lama, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Jumat (25/09/2020).

Guru Patimpus adalah warga bersuku Karo lahir pada 1540. Guru Patimpus meninggal pada 1 Juli 1590 yang kemudian dijadikan hari lahir Kota Medan. Pada kesempatan itu, Bobby Nasution menyatakan niatan berziarah ke makam Guru Patimpus sebagai pembelajaran sejarah.

“Semoga amalan almarhum Guru Patimpus diterima Allah SWT semasa hidupnya. Kita ziarah supaya tahu sejarah Kota Medan. Tahu bagaimana perjuangan pahlawan Kota Medan. Kita harus hargai perjuangan itu. Kita lanjutkan pembangunan yang selama ini belum maksimal,” kata Bobby Nasution.

Dengan peran Guru Patimpus yang sangat tinggi bagi berdirinya Kota Medan, disayangkan makamnya terkesan tidak terurus.

Advertisement

Maka itu, Bobby merasa dibutuhkannya koordinasi luar biasa, termasuk dengan Pemkab Deliserdang (DS) untuk berkolaborasi membenahi areal pemakaman Guru Patimpus. Sebab areal yang ada selama ini kurang layak. Jika dibenahi maka areal pemakaman itu bisa jadi situs sejarah.

“Di situlah kita butuh pemimpin yang kuat. Yang bisa berkoordinasi dengan baik dengan semua pihak,” lanjut Menantu Presiden Joko Widodo itu.

Ditambahi Aulia Rachman, mereka berdua berusaha semaksimal mungkin akan jadikan makam Guru Patimpus sebagai situs sejarah. “Mohon doakan kami dan dukungan agar bisa membenahi. Soal Guru Patimpus jangan patung aja besar di Medan, makamnya tidak diperhatikan,” kata Aulia Rachman.

Tampak hadir pula Ketua Pemuda Merga Silima Kota Medan Isra Sembiring dan sejumlah Ormas. (Sarwo/rill)

 

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button