DaerahUmumWisata & Budaya

Alhamdulillah ! TWA Sibolangit Kembali Dibuka Untuk Umum, Kepala BBKSDA Sumut : Patuhi Protokol Kesehatan

SIBOLANGIT | MIMBARRAKYAT.ID – Dengan menerapkan Protokol kesehatan (Prokes), kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit yang sebelumnya sempat ditutup akibat Covid-19, akhirnya secara resmi dibuka kembali untuk masyarakat umum, Rabu (14/10/2020).

Pembukaan kembali kawasan TWA Sibolangit ini dilakukan langsung oleh Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara (Sumut), Dr Ir Hotmauli Sianturi, MSc For.

Kepala BBKSDA Sumut, Dr Ir Hotmauli Sianturi MSc For dalam arahannya menyebutkan bahwa aktifitas yang nantinya dapat dilakukan di TWA Sibolangit adalah untuk menikmati alam, edukasi pendidikan konservasi lingkungan, pendidikan konservasi satwa liar, pengamatan Burung
Rangkong dan Forest healing.

“Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, pemesanan tiket masuk TWA
Sibolangit dilakukan dengan cara booking online dengan link http://bit.ly/bookingTWASibolangit atau menghubungi 082162163074 (Kepala Resort TWA Sibolangit, Samuel Siahaan SP),”ujar Hotmauli dalam siaran persnya yang diterima mimbarrakyat.id, Rabu (14/10/2020)

Di samping itu sambungnya, terhadap pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku selama berada di dalam kawasan yaitu wajib menggunakan masker, wajib cuci tangan pada tempat yang sudah disediakan, gunakan hand sanitizer,
melakukan cek suhu tubuh, pembatasan jarak kurang lebih 1,5 Meter dan tetap menjaga kebersihan.

Sementara itu Camat Sibolangit, Febri Gurusinga, SSTP MSP yang turut hadir dalam pembukaan tersebut dalam sambutannya menyampaikan bahwa reaktivasi adalah momen pengaktifan kembali TWA Sibolangit. Sehingga nantinya dapat memberi edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Advertisement

“Sebagian besar wilayah Kecamatan Sibolangit adalah kawasan hutan, sehingga keberadaan TWA Sibolangit sangat berperan penting terhadap keberlangsungan kehidupan manusia di sekitar kawasan hutan. Tapi jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan,” ujar Gurusinga.

Sedangkan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumut, H Khoirum Rijal ST MAP menyampaikan dengan dibukanya TWA Sibolangit ini akan dapat menghidupkan kembali aktifitas wisata di Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“TWA Sibolangit berpotensi untuk kegiatan hashing (Menjelajah/olahraga dalam hutan), sehingga dalam beberapa waktu ke depan akan
banyak wisatawan yang berkunjung ke TWA ini, “harapnya.

Pembukaan TWA Sibolangit ini turut disaksikan tamu dan undangan dalam jumlah terbatas, seperti di antaranya Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Deliserdang, Camat Kecamatan Sibolangit, Kepala Desa Sibolangit, Kepala SMP Negeri 2 Sibolangit beserta perwakilan siswa, Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Resort CA/TWA Sibolangit, Kelompok Pencinta Alam (KPA) Genetika Fakultas Pertanian USU, Generasi Rimba Alam Semesta (GRAS), Kader Konservasi Alam (KKA), Kelompok Sadar Wisata Sibolangit Berseri, serta pejabat eselon III dan IV lingkup Balai BKSDA Sumut, yang keseluruhannya berjumlah 50 orang. (Sarwo)

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button