Polhukam

Bawaslu Sumut Tetap Lakukan Pengawasan Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19

MEDAN | MIMBARRAKYAT.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu ) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyatakan akan tetap terus melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada di tengah maraknya pandemi Covid -19.

“Kita akan tetap melakukan pengawasan. Selain itu, Bawaslu Sumut akan menjajaki dengan Gugus Tugas dalam melakukan swab/rapid test kepada para petugas kita. Hal ini diharapkan dapat menekan keselamatan petugas Bawaslu saat menjalankan tugasnya saat melakukan pengawasan, “terang Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida Rasahan saat menggelar Rapat Dalam Kantor (RDK) bersama dengan awak media di kantornya Jalan H. Adam Malik, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Dalam RDK yang tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut, Syafrida juga menyampaikan selama Pilkada serentak ini Bawaslu Sumut telah menemukan 54 pelanggaran yang terjadi di Kabupaten/kota yang ikut melaksanakan Pilkada.

Pada kesempatan itu Syafrida juga menekankan selain mensukseskan Pilkada serentak ini, hendaknya penyelanggara Pemilu terutama saat kampanye juga harus mampu untuk menerapkan protokol kesehatan.

Advertisement

“Pada saat kampanye nanti, kita meminta KPU agar tetap menerapkan protokol kesehatan serta harus mensosialisasikan PKPU No 10 tersebut, “tutupnya.

Sementara itu, Ketua Presidium Jaringan Demokrasi ( JaDi) Sumut, Nazir Salim Manik yang hadir sebagai narasumber dalam RDK itu menyoroti KPU RI yang menyetujui pelaksanaan Pilkada di tengah mewabahnya pandemi Covid- 19.

“Saya heran kenapa KPU RI mau saja dipaksa untuk menyetujui pelaksanaan Pilkada di tengah Pandemi Covid -19 ini, “sebut Nazir Salim Manik seraya menjelaskan kalau dasar hukum pemerintah dan KPU hanyalah PKPU No 10, sehingga Pilkada serentak ini tetap berjalan.

Dalam kesempatan itu, Nazir juga mengapresiasi sikap sejumlah Ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah dan Alwasliyah yang menyatakan agar untuk menunda pelaksanaan Pilkada demi keselamatan warga masyarakat. (Sarwo)

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button