Polhukam

30 Kali Beraksi, Komplotan Begal Ferry Tatto Ini Digulung Polisi

MEDAN | MIMBARRAKYAT.ID – Tiga kawanan begal spesialis merampas sepedamotor dengan menggunakan senjata tajam (Sajam) dalam setiap aksinya akhirnya berhasil digulung personel Tim Tekab Unit Ranmor Sat Reskrim Polrestabes Medan dari lokasi penangkapan berbeda.

Bahkan salah satu dari tersangkanya yang sudah beraksi lebih dari 30 kali dan terpaksa ditembak di bagian kakinya karena mencoba melarikan diri dan menyerang petugas saat akan ditangkap.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Maringan Simanjuntak melalui Kanit Ranmor, AKP Bambang Gunanti Hutabarat dalam keterangannya, Selasa (28/01/2020) menyebutkan tersangka yang ditembak petugas yakni berinisial FI alias Ferry Tatto

Sedangkan dua tersangka lainnya, MAF dan H juga turut diamankan dan kini dijebloskan ke sel tahanan Mapolrestabes Medan. “Pelaku Ferry Tatto ini sudah 30 kali lebih beraksi dan pernah terlibat kasus pembunuhan pada tahun 2007, “sebut Bambang.

BACA JUGA :   Hari Pertama Ops Patuh Toba, Polsek Medan Timur Tilang 15 Pengendara

Lebih jauh, kronologis kejadian kasus ini terjadi pada, Minggu 10 November 2019 lalu. Saat itu korban yang bernama Syapari,24,warga Jalan Tangkul, Kelurahan Indrakasih, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang saat itu mengendarai sepedamotor skuter metik bernomor polisi BK 6928 AFQ melintas di jembatan tol Jalan Perhubungan Desa Lau Dendang, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumut.

Dari arah belakang para tersangka menabrak sepedamotor korban hingga terjatuh. Lalu salah seorang pelaku mengancam korban dengan sebilah senjata tajam dan langsung membawa kabur  sepedamotor korban.

BACA JUGA :   Pra Rekonstruksi Kematian Rian di Tangan Pemuda Setempat

Atas kejadian itu, korban membuat laporan pengaduan nomor: LP / 249 / XI / 2019 / SPKT Percut, tanggal 10 November 2019. Menindaklanjuti laporan korban, Tim Tekab Unit Ranmor Sat Reskrim Polrestabes Medan bergerak melakukan penyelidikan.

Hingga akhirnya, Kamis,(23/01/2020 ) petugas pun mendapat informasi keberadaan seorang pelaku bernama Ferry Tatto di sekitar kawasan Lau Dendang. Petugas langsung melakukan pengejaran dan berhasil menangkap tersangka Ferry Tatto ini.

Dalam pengakuannya, dia melakukan aksi begal itu dengan duan rekannya yaitu, MAF dan H. Petugas bergerak cepat dan berhasil mengamankan dua tersangka lainnya. Namun saat para tersangka diajak untuk melakukan pengembangan keberadaan barang bukti lainnya, tersangka Ferry Tatto sempat menyerang petugas dengan menggunakan samurai. Bukan itu saja, tembakan peringatan yang diletuskan petugas tak diindahkan tersangka. Akhirnya petugas pun menembak kaki tersangka Ferry Tatto ini.

BACA JUGA :   Nyambi jadi Jurtul Kim, Warga Perumahan Karyawan PT Umbul Mas Wisesa Ditangkap Polisi

“Sepedamotor itu mereka jual seharga Rp 2,8 juta. Dua tersangka, MAF dan H hanya mendapatkan bagian masing-masing Rp 200 ribu. Sedangkan sisanya untuk tersangka Ferry Tatto, “papar AKP Bambang mengakhiri penjelasannya. (Sarwo)

INI VIDEONYA ! LIKE & SUBSCRIBE

Berikan Komentar:

Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: