DaerahNasionalPemerintahan

Wabup Palas dan Irjend Kementan RI Tanam Padi Sawah Perdana di Desa Sigorbus

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di Republik Indonesia  Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Inspektur Jenderal (Irjend) Kementan, Ir Dr Sumardjo Gatot Irianto MS DAA melakukan penanaman perdana Padi Sawah di Kabupaten Padanglawas (Palas), Kamis (13/08/2020) kemarin.

Kedatangan Irjend Kementan di lokasi persawahan Desa Sigorbus, Kecamatan Barumun Baru, Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini dalam rangka penanaman perdana Padi Sawah bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan, di kwarta 3 dan 4 ini laju perekonomian dari sektor perdagangan, perindustrian yang lebih tepat untuk diseriusi tidak lain dari sektor pertanian.

Sehingga diminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda), dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dapat membantu dan mensupport para petani.

“Saya yakin daerah Padanglawas tanahnya cukup subur dan sangat mendukung untuk peningkatan ketahanan pangan dari sektor pertanian, “jelas Sumardjo.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Palas, drg H Zarnawi Pasaribu mengucapkan terimakasih atas kedatangan Irjend Kementan bersama rombongan di Padanglawas ini dalam rangka melakukan penanaman perdana Padi Sawah di Persawahan Desa Sigorbus.

Dikatakannya, melalui kerjasama yang baik Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat tentunya segala kebutuhan yang berkaitan dengan pertanian kita akan lebih mudah terbantu.

Advertisement

Karena dengan kehadiran Irjend di Padanglawas menjadi suatu kebanggaan buat kita khususnya para petani, upaya dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat kita lebih mengoptimalkan dan menseriusi dari sektor pertanian.

Dikesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Palas, Ir H Thamrin Harahap SP juga mengharapkan dengan kehadiran Irjend Kementan ke depan Padanglawas lebih maju dan lebih cepat pertumbuhan perekonomian masyarakatnya.

“Seperti yang dijelaskan Pak Irjend, sektor pertanian satu-satunya sektor yang diharapkan dalam meningkatkan ketahanan pangan,” kata Thamrin. Sementara dengan luas lahan pertanian yang dimiliki Padanglawas mencapai 17.050 hektar dengan hasil produktivitas 3,5 ton /hektar, tentu hal ini sangat menjanjikan untuk ketahanan pangan khususnya daerah Padanglawas akan terpenuhi.

Tampak hadir dalam penanaman perdana Padi Sawah tersebut terlihat Kapolres Padanglawas, AKBP Jarot Yusviq Andito, SIK yang diwakili oleh Kapolsek Barumun AKP Suprihanto P SH, Babinsa Koramil 08/ Brmn, Camat Barumun Baru, Maruli Sangap Soudouan dan Forkopimdes serta para KCD Pertanian se Padanglawas juga para penyuluh pertanian. (Margo)

Advertisement
Back to top button