DaerahPemerintahan

Sekcam Ulu Barumun : Pemanfaatan Dana Desa harus Tepat Sasaran dan Prioritas Kebutuhan Desa

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Koordinator Tim Evaluasi Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas berharap pemanfaatan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat bisa digunakan tepat sasaran dan mengacu pada skala prioritas kebutuhan dalam penggunaannya.

Hal itu disampaikan Koordinator Tim Evaluasi Kecamatan, Khoiruddin Mukhlis Daulay yang juga Sekretaris Camat (Sekcam) saat melaksanakan monitoring sekaligus evaluasi dana desa di Desa Handangkopo, Subulussalam dan Pintu Padang, Kecamatan Ulu Barumun, Selasa (14/1/2020).

Sekcam menegaskan, optimalisasi pemanfaatan dana desa dan pelaksanaan padat karya desa yang melibatkan pemberdayaan masyarakat harus tepat sasaran sesuai prioritas.

BACA JUGA :   Jaring Aspirasi Desa, Pemerintah Kecamatan Barumun Selatan Gelar Musrenbang

“Kita bersyukur alokasikan dana desa untuk pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah desa telah tepat sesuai kewenangan yang diberikan mengutamakan hal prioritas untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurut Khoiruddin Mukhlis, keberadaan pemerintahan desa sangat penting untuk membangun dan memberdayakan masyarakat di daerah secara langsung. Karena pemerintahan desa merupakan tonggak terdepan dalam rangka pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat.

Pernyataan ini diperkuat dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dan juga sekaligus memperkuat otonomi asli desa. Pengaturan desa menurut undang-undang ini bertujuan untuk memberikan kewenangan yang kuat bagi desa untuk mengatur dan mengurus urusan desanya sendiri.

BACA JUGA :   Masuki Musim Penghujan, Inilah Imbauan Serka M.T Gultom Ke Warga Desa Onan Runggu

Selain itu, tambah dia, dengan adanya undang-undang ini dapat memberikan kejelasan status dan kepastian hukum atas desa.

“Undang-Undang tentang desa ini dapat memberikan kejelasan status dan kepastian hukum atas desa dalam sistem ketatanegaraan Republik Indonesia demi mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelasnya.

Dirinya juga mengapresiasi pemerintah desa yang terus membangun pemberdayaan masyarakat dengan memanfaat dana desa untuk kemjauan desa dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Tenaga Ahli (TA) infrastruktur Kabupaten Palas Gontar Halomoan Harahap mengatakan, monitoring ini sebagai evaluasi atas pelaksanaan pekerjaan pembangunan sarana fisik desa.

BACA JUGA :   Sempat Buang Barang Bukti, Reskrim Kualuh Hulu Akhirnya Bekuk 3 Pengguna Sabu-sabu

“Dengan evaluasi ini, kita dapat mengetahui sampai sejauh mana progres pelaksanaan pekerjaan yang dilaksanakan dilapangan sesuai dengan RAB desa masing-masing,” kata Gontar.

Monitoring dan evaluasi ini dihadiri juga PDP Kecamatan Ulu Barumun Syahwalidah Lilaniari Siregar, Rifai Rangkuti,Fitri dan staf Kecamatan Lubuk Barumun, Kepala Desa serta aparat pemerintah desa. (Ibnu Nasution)

Berikan Komentar:

Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: