DaerahPemerintahan

Puskesmas Sibuhuan Gelar Swab Massal

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas melalui Dinas Kesehatan dan jajaran Puskesmas, terus berupaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 di daerahnya.

Salah satu langkah yang dilakukan yakni pengambilan sampel swab test secara massal bagi masyarakat dan tenaga kesehatan, ASN dan Polri serta TNI yang berhubungan langsung dengan masyarakat yang rawan terpapar virus corona.

Tes swab massal yang dilakukan Puskesmas Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Rabu (23/9/2020) berlangsung di halaman Puskesmas Sibuhuan.

“Kegiatan swab massal ini sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam pencegahan penyebaran Covid 19 ditengah masyarakat, karena mobilitas yang tinggi,” ujar Kepala Puskesmas Sibuhuan, Nurhalimah Hasibuan.

Nurhalimah menjelaskan, bahwa uji swab massal yang digelar ini menyasar kelompok yang dianggap memiliki risiko tertular Covid-19 yang cukup tinggi. Kegiatan pertama sudah dimulai dengan tenaga kesehatan di seluruh puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan.

Selanjutnya, kata Nurhalimah, swab test dilakukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki tugas atau berinteraksi secara langsung dengan masyarakat dan terakhir pengambilan sampel usap menyasar profesi dengan mobilitas yang dirasa tinggi lainnya, seperti Polri, TNI dan Profesi lainnya.

Advertisement

“Sampel dari tes ini akan dikirim ke Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates. Hasilnya baru bisa diketahui sekitar dua minggu kedepan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Kabupaten Palas, Hj Leli Ramayulis mengatakan, swab test massal ini penting dilakukan kepada tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan penanganan Covid 19.

“Tenaga medis dan ASN yang selama ini melakoni tugas pelayanan masyarakat, tentu banyak melakukan kontak dan berhubungan langsung dengan masyarakat baik di lapangan dan di intansi pemerintahan,” kata Leli Ramayulis.

“Swab ini penting, supaya nanti kita bisa tahu dan yakin bahwa kalau memang sehat dan bebas Covid-19. Semoga hasilnya negatif semua,” bebernya.

Diketahui, swab test massal ini setiap harinya ditargetkan setidaknya 15 sampai 20 orang yang terbuka untuk umum mulai dari tenaga kesehatan, perawat, ASN serta personel kepolisian dan TNI mengikuti swab test yang berlangsung mulai 21 sampai 26 Sepetember 2020. (ISN)

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button