PemerintahanPolhukam

PPDP Telah Tuntaskan Coklit di 21 Kecamatan di Kota Medan

MEDAN | MIMBARRAKYAT.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan telah menuntaskan pencocokan dan penelitian (Coklit), di 21 Kecamatan yang berada di wilayah Kota Medan dengan tetap waktu.

Hal ini sesuai dengan laporan hasil Coklit yang sudah disampaikan PPDP ke PPS dan secara berjenjang juga dilanjutkan ke PPK dan KPU Kota Medan. Di mana, seluruh PPDP sudah menyelesaikan proses Coklit dan sudah menyerahkan laporan hasil coklitnya ke PPS paling lambat tanggal 13 Agustus 2020 lalu.

Hal ini sesuai dengan PKPU 5/2020 tentang tahapan, program dan jadwal, pelaksanaan proses Coklit di Kota Medan yang dilakukan mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

“PPDP telah menyelesaikan tugasnya dalam pencoklitan di 21 Kecamatan yang ada di Kota Medan, “terang Komisioner KPU Medan, Nana Minarti didampingi Komisioner, M Rinaldi Khair ketika ditanya wartawan, Jumat (14/08/2020).

Disinggung terkait adanya catatan hasil pengawasan dan saran perbaikan pada pelaksanaan Coklit yang  disampaikan Bawaslu Kota Medan, dirinya menerangkan kalau KPU Kota Medan baru menerima informasi tersebut, Kamis (13/08/2020) kemarin malam.

Di mana untuk menindaklanjuti dari surat Bawaslu Kota Medan tersebut, KPU Kota Medan sudah melakukan pencermatan dan perekapan terhadap data by name yang diserahkan untuk selanjutnya diturunkan ke PPK dan PPS guna dicermati kembali berdasarkan hasil laporan PPDP yang sudah disampaikan.

Advertisement

“Berhubung ada perbedaan dari jumlah rekap dan by name yang disampaikan Bawaslu Kota Medan, hari ini, Jumat (14/08/2020) KPU Kota Medan sudah mengundang Bawaslu Kota Medan untuk melakukan rapat koordinasi dan meminta penjelasan lebih lanjut terkait catatan dan saran perbaikan tersebut, “bilang Nana.

Untuk menghasilkan data pemilih yang akurat dan berkualitas masih dikatakannnya, pihak-pihak terkait dibenarkan untuk memberikan masukan apabila terdapat kekeliruan. Bahkan pada saat rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekalipun, karena hal ini juga ada diatur dalam PKPU 2/2017 tentang pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dan di PKPU 19/2019 ditambah dengan disertai data yang autentik dan bukti tertulis.

“Agar DPT lebih akurat dan berkualitas, saran dan masukan semua pihak sangat diharapkan KPU Kota Medan untuk kesuksesan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan 2020 sesuai dengan tahapan yang ada, “pungkasnya mengakhiri penjelasannya. (Sarwo)

Advertisement
Back to top button