DaerahPemerintahan

Pemkab Palas Terima 2 Penghargaan SPO 2020 dari BPS RI dan Gubsu

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas menerima dua penghargaan Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020, dari Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia dan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Penghargaan tingkat nasional dan tingkat provinsi itu diserahkan Kepala BPS RI dan Gubsu melalui Kepala BPS Palas, Elly Suharyadi kepada H. Ali Sutan Harahap (TSO), di pendopo rumah dinas Bupati Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Jumat (28/8/2020) kemarin.

Elly mengatakan, berdasarkan pemantauan BPS, daerah yang 2 periode dipimpin Bupati TSO ini berhak menerima penghargaan, karena pencapaian respons rate SPO 2020 Palas melebihi target.

Dikatakannya, SPO 2020 adalah sensus secara mandiri yang dilakukan penduduk dengan menggunakan android. Pemkab Palas termasuk salah satu kabupaten dari 33 kabupaten dan kota se Sumatera Utara yang menerima penghargaan dari BPS RI.

Penghargaan SPO 2020 ini diberikan kepada Pemkab Palas tentu tidak terlepas dari besarnya dukungan pemerintah daerah kepada BPS.

Kepala BPS Palas menambahkan, penghargaan yang diterima Pemkab Palas ini adalah suatu simbol keberhasilan dalam pelaksanaan SPO 2020. BPS Palas dibantu Pemkab Palas, sehingga bisa mencapai target di atas 100 persen.

“Kita mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah. Kita berharap kepada masyarakat tetap berpartisipasi aktif mengisi lembaran Sensus Penduduk yang diberikan ke rumah-rumah, mulai dari tanggal 1 sampai 30 September 2020,” harap Elly Suharyadi.

Advertisement

Bupati Padang Lawas, H.Ali Sutan Harahap (TSO) mengatakan, penghargaan ini suatu prestasi dari sinergitas BPS dan Pemkab, sehingga memperoleh dua penghargaan.

Kata TSO, keberhasilan ini tidak terlepas kerja keras yang dilakukan dalam rangka mensukseskan SPO 2020 selama ini khususnya di Kabupaten Palas.

“Apa yang telah dicapai dengan peroleh penghargaan ini merupakan keberhasilan kerjasama segenap perangkat daerah. Mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan, hingga desa se wilayah Palas,” kata TSO.

Tidak lupa TSO mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Palas, karena telah berpartisipasi aktif mendukung pelaksanaan SPO 2020 dengan memberikan jawaban yang benar dan jujur.

“SPO 2020 bukan tanggungjawab BPS dan pemerintah daerah semata, tetapi semua pihak. Karena itulah melibatkan seluruh stakeholder berperan aktif mensukseskan program pendataan penduduk ini,” ujar Bupati.

Pada kesempatan itu juga, Bupati TSO menyatakan, kesiapan untuk melibatkan seluruh stakeholder mensukseskan tahapan Sensus Penduduk berikutnya, yang digelar mulai dari 1 sampai 30 September 2020 nanti.

TSO berpesan kepada seluruh petugas BPS agar dalam menjalankan tugas Sensus Penduduk di lapangan tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan dan ikut mensosialisasikan Perbup 31 Tahun 2020 untuk pencegahan, pengendalian serta memutus mata rantai penularan Covid 19 ditengah masyarakat.

Turut menyaksikan penyerahan penghargaan itu Kaban Bappeda, Hj Yenny Nurlina Siregar, Wakil Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, Kabag Humas dan Protokol Alianda Lubis. (ISN)

Advertisement
Check Also
Close
Back to top button