DaerahPemerintahan

Masyarakat di Palas Ini Antusias Daftar Banpres Produktif Usaha Mikro 

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Masyarakat yang berada di Kabupaten Padanglawas (Palas) mendatang Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Padanglawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk mengajukan permohonan bantuan pemerintah bagi pelaku usaha mikro.

Dengan adanya Program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat disambut antusias oleh masyarakat Kabupaten Padanglawas, karena terbukti banyaknya pendaftar dari pelaku mikro yang telah menerima bantuan tersebut sebesar Rp 2,4 juta.

 

Plt Kepala Dinas Koperasi, UMK, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Padanglawas, Paruhuman Harahap SSos mengatakan untuk tahap pertama para pelaku usaha mikro yang telah menerima kucuran program  Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebanyak 1843 pelaku usaha mikro.

 

Dikatakan, tujuan pemerintah memberikan bantuan tehadap pelaku usaha mikro sebagai bentuk membantu pelaku usaha kecil untuk  bertahan di tengah pandemi Covid -19, serta dapat membangkitkan usaha mikro yang terdampak.

 

Kata Paruhuman, masyarakat yang mendaftar untuk pengajuan bantuan UMKM terus berduyun – duyun datang ke Dinas Koperasi, UMK, Perindustrian dan Perdagangan sehingga pihaknya stanbykan petugas untuk membantu pelayanan menerima permohonan warga tersebut.

 

“Banyaknya warga yang mengajukan permohonan pendaftaran petugas penerima berkas, sempat kewalahan tetapi tetap berkomitmen melayani sampai selesai sesuai tahapan, “terang Paruhuman dikonfirmasi melalui telepon seluler, Minggu (18/10/2020).

Advertisement

 

Untuk tahap ke II, permohonan warga yang telah dilakukan rekapitulasi dan dikirim berkasnya ke pemerintah Provinsi Sumut sebanyak 990 pemohon. Sebelumnya, kata Paruhuman, untuk tahap pertama 3753 pemohon bantuan BPUM telah menerima realisasi pencairan yang disalurkan pihak bank penyalur yaitu Bank BRI Cabang Sibuhuan.

 

“Untuk tahap pertama usulan dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan ditambah usulan yang mengajukan dari pihak perbankan yang telah realisasi dan dinyatakan lolos verifikasi sebanyak 1843 pelaku usaha mikro yang menerima bantuan BPUM sebesar Rp 2,4 juta,”ujarnya.

 

Paruhuman memperkirakan, untuk tahap III ini jumlah pendaftar bantuan UMKM diperkirakan mencapai ribuan pelaku usaha mikro. Hal itu tambah dia, melihat  dari antusiasnya masyarakat yang yang mendaftar BPUM.

Namun masyarakat terus diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki Kantor Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Padanglawas.

 

Ia menambahkan, masyarakat yang mengajukan permohonan bantuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus melengkapi persyaratan secara lengkap sesuai ketentuan sebagai syarat untuk program Banpres Produktif Usaha Mikro kecil dengan besar bantuan Rp ,2,4 juta. (ISN)

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button