DaerahPemerintahan

Bupati TSO : Kehadiran TNI – Polri Sangat Dibutuhkan

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Kehadiran dan peran TNI – Polri dalam pengamanan di daerah perbatasan sangat dibutuhkan untuk pencegahan konflik dan acaman kriminalitas.

Hal itu disampaikan Bupati Padang Lawas, H.Ali Sutan Harahap (TSO) saat menerima kunjungan kerja Danrem 023/KS, Kolonel Inf. Febriel Sikumbang, didampingi Dandim 0212/TS, Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing ke Kabupaten Padang Lawas, Rabu (26/8/2020) di pendopo rumah dinas Bupati Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan.

Kata Bupati, dengan banyaknya populasi masyarakat di Palas, tentu butuh pertahanan dan keamanan dari TNI – Polri di daerah ini.

Oleh karenanya, lanjut TSO, kapabilitas pasukan TNI dalam pengawasan lintas batas merupakan hal yang penting, sehingga dapat mengetahui secara dini adanya suatu ancaman dan dapat ditindak lanjuti, dengan langkah pencegahan dan penindakan.

“Saya berharap, Danrem 023/KS Kolonel Febriel Sikumbang dapat menyampaikan kepada Pangdam I Bukit Barisan, agar Makodim di Palas dapat terealisasi secapatnya, demi terjaganya keamanan serta menjaga ketahanan pangan yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Di kesempatan itu, TSO juga memaparkan, secara geografis Kabupaten Palas memiliki batas-batas, sebelah utara dengan Kabupaten Padang Lawas Utara(Paluta), sebelah selatan Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

“Selanjutnya sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Mandailing Natal dan Kabupaten Tapanuli Selatan dan sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Riau,” jelasnya.

Advertisement

Kata Bupati, Kabupaten Padang Lawas dimekarkan dari Kabupaten induk Tapanuli Selatan tepatnya pada 17 Juli 2007 lalu.

“Sesuai data pihak BPS, Kabupaten Palas memliki luas wilayah 3.892,74 Km persegi, dengan jumlah penduduk 275.515 jiwa,” ujar H.Ali Sutan Harahap.

Terkait Covid 19, TSO menambahkan, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas telah membuat Peraturan Bupati nomor 31 tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19.

“Di mana saat ini masih pada proses sosialisasi dengan melibatkan kerja sama antara BPBD Kabupaten Padang Lawas dengan Forkopimda, tokoh masyarakat, pemuka agama, tokoh adat dan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Danrem 023/KS, Kol. Inf. Febriel Sikumbang berjanji akan menyampaikan tentang rencana pembangunan Makodim ke Panglima Kodam I BB.

“Penambahan Kodim harus melalui kajian khusus dan akan saya bicarakan secara prioritas dan diusulkan penambahan Makodim di Padang Lawas, sesuai dengan usulan Pemda dan tokoh masyarakat Padang Lawas, karena menurut saya sudah layak ada Kodim di Padang Lawas,” ujar Febrial.

Danrem juga berharap, situasi kondusif seperti ini tetap terjaga dan terjalin dengan baik.

“Saya yakin kedepan Kabupaten Palas akan lebih maju, karena potensi wilayahnya cukup mendukung,” pungkasnya. (ISN)

 

Advertisement
Back to top button