DaerahPemerintahan

Baru Setahun Selesai, Proyek Dek Penahan Tebing Senilai Rp 3,4 M Roboh

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Baru setahun selesai, proyek dek penahan tebing Sungai Gelanggang, Kecamatan Barumun, Kabupaten Paladang Lawas, senilai Rp 3,4 miliar roboh akibat tergerus air sungai yang menghantam pondasi dek.

Robohnya dek penahan tebing sepanjang 18 meter itu akibat pondasinya tergerus air sungai, sehingga tidak kuat menahan hantaman air.

Menurut warga sekitar, Senin (9/12/2019), proyek DPT merupakan salah satu dari lima titik proyek BPBD Kabupaten Palas TA 2018.

BACA JUGA :   Soal Dugaan Pil Ekstasi Berubah Warna di Polres Binjai, Ini Kata Kasat Narkobanya

Proyek rehabilitasi rekonstruksi pembangunan dek penahan tebing bantaran Sungai Gelanggang, Kecamatan Barumun, tersebut dikerjakan PT Asa Cipta Sarana Medan.

Kepala BPBD Padang Lawas, H M Hamka Harahap mengaku sempat menyurati rekanan, karena melihat progres pelaksanaan pekerjaan tidak sesuai time shcedule.

Banyak pihak turut menyayangkan kejadian ini. Padahal proyek yang mendapat pengawasan dari Konsultan CV Jasa Persada yang beralamat Medan, senilai miliaran rupiah itu hanya bertahan selama setahun saja.

BACA JUGA :   Kapolsek Marbau bersama Danramil 06 Gelar Apel Kesiapan Nataru

Menurut Kepala BPBD Palas H M Hamka Harahap di dampingi PPK Salfator Sitorus mengakui, kejadian DPT Sungai Galanggang yang ambruk, Selasa (10/12/2019).

“Mengingat proyek itu masih tanggung jawab rekanan, maka kita akan meminta pihak rekanan melakukan normalisasi untuk melakukan perbaikan terhadap DPT yang ambruk,” jelasnya.

BACA JUGA :   Dinkes Palas Gelar Pengobatan Gratis dan Donor Darah di Hari Jadi ke 12

Kata Hamka, dek penahan tebing yang ambruk itu lebih kurang sepanjang 18 meter ini dan menurut PPK akibat sporing gerusan air ke pondasi. Sehingga tidak kuat menahan hantaman air sungai yang cukup deras.(Ibnu Nasution)

Berikan Komentar:

Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: