Pemerintahan

Akhyar Ajak Masyarakat Jawa Bersatu Jadikan Kota Medan Sebagai Rumah Bersama

MEDAN | MIMBARRAKYAT.ID – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi menyampaikan kata sambutan berbahasa Jawa ketika menghadiri Milad Radio Jawa (Raja) FM ke-XIII dan Satuan Komunikasi (Satkom) Raja ke-VI di Jalan Tinta, Kelurahan Sei Putih Barat, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Minggu (16/02/2020).

Melalui Milad ini, Akhyar berharap agar radio komunitas masyarakat Jawa ini semakin maju dan berkembang, sekaligus mempererat silaturahmi dengan komunitas fans radio di mana pun mereka berada. Sebelum menyampaikan sambutannya, Akhyar yang datang didampingi Kadis Pariwisata Kota Medan, Agus Suriono, Kadis Kebersihan dan Pertamanan,  HM Husni serta Kabid Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Syaiful Amri, Akhyar mengungkapkan kalau dirinya mahir berbahasa Jawa karena ibundanya asli suku Jawa, sedangkan ayahnya suku mandailing bermarga Nasution.

“Kebetulan wilayah saya tinggal mayoritas komunitas suku Jawa, sehingga bahasa sehari-hari yang dipergunakan adalah Bahasa Jawa. Itu sebabnya saya lebih mahir berbahasa Jawa ketika berbahasa Mandailing,” kata Akhyar jujur disambut tepung tangan meriah ratusan pengunjung yang didominasi suku Jawa.

BACA JUGA :   Pemkab Palas Alokasikan Rp20 M untuk Pembangunan Kantor Bupati

Akhyar mengapresiasi karena Raja FM kini mencapai usia 13 tahun setelah melalui berbagai peristiwa. Dikatakan Akhyar, tentunya dibutuhkan lebih dari sekedar komitmen yang kuat untuk bisa bertahan menghadapi berbagai peristiwa yang mampu menggoyahkan eksistensi Raja FM sebagai Radio Jawa di Kota Medan.

Apalagi kini ungkap Akhyar, tantangan mengelola radio semakin berat. Sebab, generasi milenial mulai meninggalkan media massa lama dan beralih dengan media baru. Satu persatu media cetak dan media siar termasuk radio bertumbangan.

“Alhamdulillah, Raja FM termasuk beruntung karena mampu bertahan hingga kini, ”ungkapnya. Dengan Bahasa Jawa yang fasih, Akhyar menerangkan, salah satu kekuatan Raja adalah basis penggemar yang sangat loyal. Keberadaan penggemar itulah yang membuat Raja kini berhasil memasuki usia ke-13 tahun.

BACA JUGA :   Gelar Unjukrasa di Depan Kampus, Begini Isi Tuntutan Ratusan Massa Gema UISU

“Untuk itu hubungan silaturami yang baik ini harus terus dijaga sebagai salah satu sumber kekuatan Raja dalam menghadapi persaingan di masa mendatang,” terangnya.

Selanjutnya di hadapan Pendiri Raja FM dan Satkom Raja, Edi Kusnaidi Kewa, Ketua Satkom Raja Irwanto, Ketua Milad Raja FM dan Satkom Raja, Icuk Sutiono, seluruh pengurus Raja FM dan Satkom Raja serta komunitas dan fans Raja FM, Akhyar pun berharap agar Raja FM menjadi sarana komunikasi komunitas Jawa  di Kota Medan.

Dengan jumlah sepertiga total penduduk di Kota Medan, Akhyar mengajak seluruh masyarakat Jawa untuk bersatu dan menjadikan Kota Medan sebagai rumah bersama. Kemudian mendukung pembangunan yang tengah dijalankan Pemko Medan, ikut menjaga kebersihan sekaligus membikin cantic Kota Medan.

BACA JUGA :   Imbas Covid-19, Perekonomian Sumut di Triwulan II Bakal Berada di Kisaran 1,3 - 1,7 Persen

Acara milad ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan Pendiri Raja FM dan Satkom Raja Edi Kusnadi Kewa. Potongan tumpeng selanjutnya diberikan Edi kepada Akhyar sebagai ungkapan terima kasih atas kesediaan hadir dalam milad tersebut. Kemudian Akhyar memberikan santunan kepada anak yatim  dan acara diakhiri dengan tausiah yang disampaikan Al Ustadz Zul Bram.

Sementara itu Icuk Sugiarto selaku Ketua Panitia Milad Raja FM dan Satkom Raja, mengucapkan terimakasih atas kesediaan Akhyar hadir dalam acara tersebut. Kehadiran Akhyar tentunya semakin memotivasi mereka, sebab Akhyar juga miliki darah Jawa.

Oleh karenanya tegas Icuk mereka pun siap mendukung program Pemko Medan. “Kami siap mendukung Pemko Medan untuk menjadikan Kota Medan yang kita cintai ini lebih baik ke depannya,” tegas Icuk. (Sarwo/rill)

Berikan Komentar:
Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: