Pemerintahan

Dari 578 Pelamar, KPU Medan : 441 Calon PPK Lulus Seleksi Berkas Administrasi

MEDAN | MIMBARRAKYAT.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menyatakan ada 441 orang yang dinyatakan lulus seleksi berkas administrasi sebagai calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Medan tahun 2020. Untuk selanjutnya akan mengikuti proses ujian Computer Asissted Test (CAT) yang akan digelar di Pusat Sistem Informasi Universitas Sumatera Utara (USU).

“Dari 578 pelamar yang dinyatakan lulus seleksi berkas administrasi ada 441 orang. Jadi yang gagal ada sebanyak 137 orang. Bagi mereka yang lolos akan mengikuti ujian CAT pada 30 Januari 2020 mendatang di USU, “kata Ketua KPU Kota Medan, Agussyah R Damanik usai memimpin pleno di KPU Kota Medan di Jalan Kejaksaan, Selasa (28/01/2020).

BACA JUGA :   Bupati Labura Ajak Seluruh Komponen Bersama-sama memajukan Kabupaten Labura

Agussyah menjelaskan, penyebab tidak lolosnya peserta calon PPK tersebut terjadi karena beberapa hal seperti Ijazah yang tidak dilegalisir, calon peserta yang sudah dua periode bertugas sebagai anggota PPK, adanya peserta yang tidak jelas melamar calon PPK di kecamatan mana, hingga identitas pelamar yang tidak berdomisili di Medan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Jadi banyak hal yang membuat mereka diputuskan tidak lolos pada tahapan ini,” ujarnya sembari menegaskan kalau pihaknya sangat tegas dalam memutuskan para calon yang lolos maupun yang tidak lolos pada tahapan ini.

BACA JUGA :   Supervisi e-Rekap Pilkada, KPU RI : Antisipasi Potensi Pergeseran Koordinat TPS

Hal ini karena, pada tahapan ini mereka juga sekaligus melihat tingkat kepatuhan para peserta dalam melengkapi seluruh dokumen mereka. “Karena nanti saat jadi anggota PPK pun, mereka itu akan banyak berurusan dengan teknis administrasi. Dari sini tentu kita bisa lihat apakah mereka orang-orang yang patuh atau tidak, “pungkasnya sambil meminta masyarakat agar dapat berpartisipasi dengan cara memberikan tanggapan kepada para calon anggota PPK yang lulus seleksi administrasi ini terkait dalam pemenuhan syarat ataupun rekam jejaknya.

BACA JUGA :   Bupati Labura : Siapa yang Punya Cita-cita, maka Raihlah Sampai Ujung Dunia

“Tanggapan masyarakat terhadap para calon anggota PPK ini, cukup penting bagi kami sebagai bahan pertimbangan dan klarifikasi kepada yang bersangkutan di tahapan wawancara nanti. KPU Medan menyediakan form tanggapan yang dapat diisi, dan sekira ada bukti-bukti pendukungnya dapat juga disampaikan kepada kami, “kata Agussyah. (Sarwo)

Berikan Komentar:

Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: