Pariwisata

New Normal Pariwisata Disiapkan di Kaliurang dan Breksi

SLEMAN | MIMBARRAKYAT.ID – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan dua destinasi wisata unggulan yakni wisata alam Kaliurang di Pakem dan Taman Tebing Breksi di Prambanan. Kedua lokasi wisata tersebut disiapkan New Normal Pariwisata pada masa pandemi covid-19 ini.

“Kami menyiapkan dua destinasi yakni Kaliurang dan Taman Tebing Breksi untuk diterapkan protokol New Normal Pariwisata setelah lebih dua bulan dua objek wisata ini ditutup untuk kunjungan wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih di Sleman, Selasa (26/5/2020) seperti yang dikutip dari medcom.id.

Sudarningsih mengatakan jika konsep protokol New Normal Pariwisata ini dapat diterapkan di dua destinasi tersebut, maka dapat dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan.

Menurutnya saat ini sedang disiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung New Normal Pariwisata dengan mengacu pada protokol kesehatan penanganan covid-19. Selain sarana dan prasarana, pihaknya juga terus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) di dua destinasi tersebut untuk menuju ke New Normal pariwisata.

Advertisement

“Kami juga mulai memberikan pemahaman dan edukasinya kepada SDM, termasuk pelaku pariwisata dan UMKM yang ada di dua destinasi tersebut untuk bisa mendukung ‘New Normal’ Pariwisata,” ungkapnya.

Sudarningsih menjelaskan edukasi tersebut telah dilakukan dengan diawali koordinasi secara daring (online) kepada para pelaku pariwisata melalui jaringan komunikasi yang ada dengan mengacu pada protokol kesehatan New Normal Pariwisata yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Jadi kami terus mengajak mereka untuk taat protokol COVID-19. Seperti misalnya nanti untuk jip wisata, yang dulu bisa membawa empat wisatawan, sekarang hanya dua wisatawan saja dengan mengatur jarak tempat duduk antarwisatawan, kemudian memakai masker dan lainnya,” pungkasnya.

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button