Olahraga

Ini Rencana Shin Tae-yong Buat Timnas Indonesia

JAKARTA | MIMBARRAKYAT.ID –
Timnas Indonesia tak punya agenda sampai akhir tahun 2020. Tapi Pelatih Shin Tae-yong tetap punya rencana untuk menggelar latihan lagi.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia di Jakarta telah dibubarkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada, Sabtu (15/08/2020). Hal itu setelah pengumuman AFC yang memutuskan menunda sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia/Pra-Piala Dunia yang seharusnya digelar pada Bulan Oktober dan November.

Penundaan itu sekaligus menyusul keputusan AFF yang juga sudah memastikan batalnya gelaran Piala AFF 2020 dan digeser ke tahun 2021. Batalnya dua ajang tersebut membuat Timnas Indonesia tak punya jadwal bertanding di sisa tahun ini.

Meski begitu, Shin Tae-yong akan mengumpulkan dan melatih Timnas Indonesia lagi. Rencana itu bisa direalisasikan setelah selesainya agenda Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-19.

“Kami berencana melakukan TC untuk timnas senior pada bulan November atau Desember nanti,” kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI yang dikutip dari detik.com.

Shin Tae-yong sebelumnya memanggil 29 pemain Timnas Indonesia dan mulai menggelar latihan pada 7 Agustus lalu. Mayoritas pemain malahan sudah tiba di Jakarta sejak 23 Juli.

Advertisement

Awalnya latihan tersebut digelar sebagai persiapan menghadapi Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam di Pra-Piala Dunia. Namun AFC memutuskan menunda dan menggesernya ke tahun 2021.

Shin Tae-yong tak kecewa-kecewa amat dengan keputusan AFC. Ia justru mengambil sisi positif karena bisa punya waktu lebih untuk memilih pemain yang pantas dipanggil ke Timnas Indonesia.

“Pada awal latihan di lapangan, kami memberikan materi latihan yang ringan. Setelah itu latihan dengan normal. Mental dan semangat pemain sangat tinggi. Tentu ini sangat bagus untuk perkembangan timnas Indonesia,” tutur Shin Tae-yong.

“Kami punya waktu untuk dapat melihat lebih banyak pemain setelah ditundanya tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022,” ucap pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan itu.

Sementara itu, Piala AFF kabarnya akan digelar pada Bulan April 2021. Sementara AFC belum menentukan jadwal baru laga sisa Pra-Piala Dunia. (dtc)

Advertisement
Back to top button