Nasional

Satgas Pamtas Yonif PR 328 Bentuk Masyarakat Peduli Api, Ini Tujuannya

JAKARTA | MIMBARRAKYAT.ID – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328/DGH membentuk kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) di Kampung Kriko, Arso Timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif PR 328/DGH, Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han) dalam rilisnya, Minggu (28/7/2019).

Diugkapkan Dansatgas, kegiatan penyuluhan yang dilakukan pada Sabtu (27/7/2019) oleh Pos Pitewi dipimpin Lettu (Inf) Herlansyah bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Keerom.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga hutan dan lahan dari bahaya kebakaran,” ujarnya. Lebih lanjut dikatakan, Kampung Kriko merupakan sebuah kampung di perbatasan, dimana hutan menjadi salahsatu sumber kehidupan masyarakat.

BACA JUGA :   WASI Raih Guinness World Records Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

“Melalui kegiatan ini, kita mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan dan lahan,” jelasnya.

“Jika hutan tidak dijaga dan dipelihara keasriannya, akan merusak ekosistem serta sumber kehidupan masyarakat itu sendiri,” ucap Erwin Iswari.

Kebakaran hutan kata Erwin, merupakan salah satu bencana yang paling merusak alam, yang diakibatkan oleh ulah manusia maupun faktor alam.

BACA JUGA :   Tangkal Virus Corona, Danramil 02 Banjarsari Semprot Disinfektan di Terminal Tirtonadi
Advertisement

“Untuk mencegah dari bahaya kebakaran yang diakibatkan faktor manusia, Dinas KPHP Keerom bekerja sama dengan Satgas, memberikan penyuluhan serta membentuk Kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA),” urai alumni Akmil 2002 ini.

Sementara itu, Kepala KPHP Keerom, Ir Obet Sitti, MSi, dalam penyuluhannya menyampaikan bahwa pentingnya pemeliharaan hutan dari bahaya api.

“Sesuai dengan Perdirjen PHKA, kami membentuk MPA dari masing-masing kampung untuk menjaga kawasan hutan,” tuturnya.

BACA JUGA :   Bupati TSO Hadiri Pertemuan Percepatan Pembangunan dengan Staf Kepresidenan Moeldoko

“MPA ini merupakan warga asli kampung dari berbagai profesi yang mempunyai kepedulian terhadap hutan dan dengan sukarela menyatakan kesediaanya untuk mengendalikan dan menjaga kelestarian hutan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kadistrik Arso Timur, Kapospol Ujung Karang, Kepala Desa dan Ondoapi Kampung Kriko serta masyarakat. ( rill)

Advertisement
Berikan Komentar:

Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: