NasionalWisata & Budaya

Bupati Pultab : Seni Budaya sebagai Identitas Diri

TALIABU | MIMBARRAKYAT.ID – Guna melestarikan kebudayaan yang dimiliki, Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu menggelar festival budaya tingkat sekolah.

Kegiatan yang melibatkan siswa-siswi tingkat TK, SD dan SMP di Kabupaten Pulau Taliabu tersebut, bertempat di Gedung Hemungsia Sia Dufu, Desa Bobong, Sabtu (28/12/2019).

“Kegiatan yang diperlombakan dalam festival tersebut meliputi tarian fashion, pakaian adat Taliabu, Tarian Yusa dan Tendang Lantai,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Taliabu, Fifian Adeningsi Mus.

BACA JUGA :   Serahkan DP4 Pilkada 2020, Mendagri : Tercatat 105.396.460 Jiwa

Menurutnya, ciri khas kebudayaan Taliabu penting dan diharuskan untuk selalu dipupuk sejak dini kepada anak-anak, agar selalu dilestarikan hingga generasi akan datang.

Hal ini, lanjut dia, sesuai dengan tema “Melestarikan dan memajukan Kebudayaan Taliabu”, sebagai upaya peningkatan kualitas, inovasi dan kreasi seni budaya.

“Ini akan menjadi solusi yang tepat guna memberikan nilai bagi pengembangan budaya di masa yang akan datang,” harapnya.

BACA JUGA :   Dipindahkan Ke PRSU, Ketua DKSU : Sinyal Baik Buat Perkembangan dan Pembinaan Seni Budaya di Sumut

Menurut dia, penyelenggaraan festival seni budaya tingkat pelajar ini, merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian masyarakat dan pemerintah dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu.

Sebelumnya, festival budaya yang dibuka Bupati Pulau Taliabu diwakili Asisten I Setda Pemkab Pultab Ahmad Salawane dalam sambutannya berharap, festival ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang berbasis pada budaya etnis dalam meningkatkan arus kunjungan wisatawan di Kabupaten Pulau Taliabu.

BACA JUGA :   Hari AIDS Sedunia, Rektor UISU Serahkan Film Pendek Surat Cinta Buat Tegar ke Menkes RI

“Pengembangan dan pengaktualisasian seni budaya ini merupakan salah satu metode penangkal yang efektif untuk menjadi filter agar kita tidak kehilangan identitas diri, terutama bagi generasi muda Kabupaten Pulau Taliabu,” tutup Ahmad. (Bumay)

Berikan Komentar:

Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: