Nasional

Berhasil Ciptakan Kamtibmas, LAKSI Menilai Kapolda Papua Layak Dianugerahi Kenaikan Pangkat

TANGERANG | MIMBARRAKYAT.ID – Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (LAKSI) menegaskan menjadi pimpinan Polri yang bertugas menjaga Kamtibmas di wilayah Papua, bukanlah merupakan perkara mudah bagi sebagian perwira tinggi Polri.

Sebab di wilayah Papua, seorang Kapolda harus mampu mengatasi persoalan-persoalan yang pelik terkait dengan konflik dan sejumlah persoalan gangguan keamanan yang sudah sekian lama berlangsung.

“Papua masih dianggap wilayah penugasan yang teramat berat dan rawan bagi sebagian perwira tinggi Polri. Keberhasilan pimpinan Polri di Papua akan sangat bergantung dari seberapa kuatnya kerjasama yang diwujudkan antara masyarakat dengan polisi dalam menjaga Kamtibmas bersama, “kata Koordinator LAKSI, Azmi Hidzaqi dalam siaran persnya yang diterima mimbarrakyat.id, Selasa (18/08/2020).

BACA JUGA :   Ribuan Warga Desa Tabona Sambut Hangat Resesnya Muhaimin Syarif ke Desa Mereka

Menjadi pimpinan kepolisian di wilayah Papua merupakan tugas berat. Sebab masih dikatakannnya, gangguan keamanan tidak mudah diprediksi. Oleh sebab itulah dibutuhkan kecermatan dalam membaca situasi di wilayahnya, selain itu juga diperlukan kecerdasan dari Kapolda untuk dapat memetakan persoalan dari gangguan keamanan, agar dapat mencari formulasi solusi terbaik untuk menciptakan perdamaian di masyarakat.

“Sebagai Kapolda tentunya dituntut memiliki trik- trik khusus agar dapat menguasai akar permasalahan di wilayahnya, selain itu juga diharapkan Kapolda dapat bersinergis dengan masyarakat untuk dapat membangun kesadaran masyarakat agar terciptanya tertib hukum, “bebernya.

Kapolri saat itu, Jenderal Pol Tito Karnavian yang melantik menjadi Kapolda Papua sangat yakin atas kemampuan dan trackrecord yang pernah dicapai oleh Irjen Paulus Waterpaw.

BACA JUGA :   Beginilah Cara Babinsa Kratonan Dekat dengan Rakyat
Advertisement

Sehingga sambungnya lagi, beliau mempercayakan Irjen Pol Paulus Waterpaw untuk menjabat orang nomor satu di kepolisian Papua tersebut. Prestasi Irjen Pol Paulus Waterpaw selama menjabat Kapolda Papua di periode ke dua ini, perlu diapresiasi dan diberikan penghargaan atas perjuangannya selama ini dalam menjaga keamanan di Papua, komitmen dalam bertugas yang didedikasikan oleh Irjen Pol Paulus Waterpaw tidak perlu diragukan lagi.

“Selama ia memimpin di kepolisian Papua relatif tidak ada gejolak yang tidak bisa diatasi. Kinerja Irjen pol Paulus Waterpaw yang merupakan Akpol 87 ini dinilai cukup cemerlang, sehingga tidak heran apabila Presiden Jokowi pernah memberikan pujian atas keberhasilan Kapolda Papua ini. Selain itu juga Presiden pernah menjanjikan untuk memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat satu bintang lagi kepada Irjen Pol Paulus Waterpaw, apabila mampu meningkatkan keamanan dan perdamaian di wilayah Papua, “ujarnya.

BACA JUGA :   Mendagri Silaturahmi Bersama Sekjen Parpol Non-Parlemen

“Kami mendukung pernyataan Presiden Jokowi tersebut dan kami pun berharap Presiden dapat memberikan kenaikan satu bintang lagi kepada Irjen Pol Paulus Waterpaw atas keberhasilannya di Papua. Kenaikan satu bintang merupakan sebuah hal yang tepat, karena beliau layak diganjar kenaikan pangkat tersebut. Selain itu juga akan menjadi sebuah kebanggaan seluruh masyarakat Papua, apabila putra terbaiknya mendapatkan kenaikan bintang satu tingkat lebih tinggi, “sambung Azmi Hidzaqi. (rill)

Advertisement
Berikan Komentar:

Tags
Back to top button
Close