KesehatanPendidikanUmum

Mantap ! USU Dukung Pencegahan Covid-19 di Medan Belawan

BELAWAN | MIMBARRAKYAT.ID – Sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat, Universitas Sumatera Utara (USU) mendukung program pemerintah dalam mencegah penularan Covid -19 di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kegiatan pengabdian di Kecamatan Medan Belawan ini diketuai oleh Fatwa Imelda, SKep, Ns MBiomed dengan beranggotakan Diah Lestari Nasution, SST, MKeb yang keduanya merupakan dosen dari Fakultas Keperawatan USU.

Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat, Fatwa Imelda mengatakan pada 8 Agustus 2020 lalu, tim pelaksanaan dari lembaga pengabdian pada masyarakat melakukan upaya pencegahan penularan Covid -19 dengan health advice, yaitu melakukan kegiatan edukasi pencegahan penularan Covid-19.

Selain itu kata Fatwa, lembaga pengabdian juga melakukan pembagian masker penyerahan 2 fasilitas tempat cuci tangan. Penyerahan alat fasilitas cuci tangan diterima langsung Camat Medan Belawan, Ahmad. Dikatakan Fatwa, di awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan merebaknya virus baru yaitu corona virus jenis baru (SARS_CoV_2) dan penyakit tersebut dinamakan Corona virus disease 2019 (Covid-19).

Advertisement

“Diketahui asal mula virus ini berasal dari Wuhan, Tiongkok. Ditemukan pada akhir Desember 2019, sampai saat ini sudah dipastikan terdapat 65 negara yang telah terjangkit virus satu ini, tidak terkecuali Indonesia,”terangnya, Selasa (01/09/2020).

Sedangkan Kecamatan Medan Belawan berbatasan langsung dengan Selat Malaka di sebelah Utara, Kecamatan Medan Labuhan di sebelah Selatan, Kabupaten Deliserdang di sebelah Barat dan di sebelah Timur.

“Warga masyarakat Medan Belawan beresiko tinggi akan penularan Covid 19 ini, karena langsung terpapar kepada orang luar baik dari jalur nasional maupun international yang berasal dari daerah zona Merah Pandemi Covid 19,” tutup Fatwa Imelda. (Irwan Pane )

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button