Kesehatan

Karyawan PKS Dolok Ilir Ini Meninggal Dunia Positif Covid -19

SIMALUNGUN | MIMBARRAKYAT.ID – Seorang karyawan di Bagian Umum PKS Dolok Ilir (DOI) yang berinisial LIS meninggal dunia setelah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, dan telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Pasir sesuai dengan protokoler penanganan Covid -19.

Pantauan di lokasi TPU Pondok Pasir, petugas yang lengkap memakai Alat Pelindung Diri (APD) memakamkan peti berisi jenazah LIS yang tampak mendampingi petugas saat pemakaman, Danramil 05/SBL Kapten Inf Hairul Hadi SH, Camat Dolok Batu Nanggar Susilo SH dan Kepala Puskemas Serbelawan.

Jenazah tiba di Pondok Pasir, Senin (24/08/2020) sekira pukul 11.30 WIB dengan dibawa mobil ambulans RS Pabatu dan langsung dilakukan pemakaman dengan mempedomani protokol kesehatan.

Terpisah, Manager RS Laras, dr Taty Sulytiani MH (Kes) ketika dikonfirmasi, Senin (24/08/2020) malam menjelaskan kronologis penanganan pasien atas nama LIS tersebut.

“Pasien dibawa keluarganya ke RS Laras, Rabu (19/08/2020) sekira pukul 01.50 WIB. Kepada paramedis, saat itu pasien mengeluh sudah mengalami demam selama 3 hari dengan kondisi deman naik turun dan hilang timbul.

Terhadap pasien dilakukan rapid tes oleh paramedis RS Laras dan hasilnya non reaktif. Meskipun demikian terhadap pasien dilakukan rawat inap di rumah sakit tersebut.

Selanjutnya, Kamis (20/08/2020) pasien kembali diperiksa dokter spesilis penyakit dalam untuk mengetahui penyakit yang diderita LIS itu. Dari hasil diagnosa menyarankan supaya pasien dirawat tersendiri di ruang isolasi, dan kembali dilakukan rapid tes ulang pada Jumat (21/08/2020) dan hasilnya kembali non reaktif.

Advertisement

“Ada dua kali paramedis di RS Laras ini melakukan rapid tes. Hasilnya non reaktif. Tapi karena melihat gejala pasien, kemudian disarankan dilakuan pemeriksaan SWAB PCR,” kata dr Taty. Akhirnya pihaknya melakukan pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan SWAB. Lalu, Sabtu (22/08/2020) sampelnya dikirim ke Pelindo atau Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan.

“Minggu 23 Agustus 2020 pihak RS Prima Husada Cipta Medan, mengirimkan hasil pemeriksaan SWAB PCR atas nama LIS dengan hasil terkonfirmasi positif Covid-19, “terangnya.

Setelah hasil pemeriksaan SWAB PCR pasien dinyatakan positif Covid-19, pihaknya merujuk pasien ke RS Pabatu, untuk mendapatkan perawatan sesuai dengan penanganan Covid-19. Di sini kondisi pasien sudah mulai membaik ketika mendapat perawatan di RS Laras, akan tetapi karena hasil SWAB PCR positif tetap dirujuk ke RS Pabatu sesuai prosedurnya.

“Saat menjalani perawatan di RS Pabatu, kami memperoleh informasi pasien meninggal dunia,” ucap dr Taty sembari menyampaikan turut berbelasungkawanya.(rus)

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button