DaerahKesehatanUmum

Cegah DBD dan Covid-19, Lapas Klas II Binjai Disemprot Fogging dan Disinfektan

BINJAI | MIMBARRAKYAT.ID – Untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona dan demam berdarah, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Binjai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang bekerjasama dengan Puskesmas H Hasan melakukan penyemprotan fogging dan cairan disinfektan ke seluruh ruangan  yang ada di Lapas Klas II Binjai tersebut, Sabtu (15/08/2020) kemarin.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Klas II Binjai, Rinaldo A Tarigan saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Lapas Binjai kepada warga binaaan, supaya bisa terhindar dari penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan juga untuk mencegah Virus Corona di dalam Lapas.

Ditambahkan lagi penyemprotan disinfektan dan Fogging dilakukan di seluruh area gedung dan blok hunian Lapas Binjai. Dimulai dari area layanan kunjungan, pintu pengamanan utama (P2U) tangga, ruangan staf dan kamar hunian warga binaan Lapas.

Penyemprotan langsung dipimpin oleh Kasubsei Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawat Bimkeswat, Sahat P Sihombing. Selain penyemprotan disinfektan, Lembaga Kemasyarakatan Kelas II A Binjai juga melakukan berbagai langkah upaya untuk meminimalisir pencegahan penyebaran Covid-19, di antaranya menyediakan hand sanitizer di layanan kunjungan pintu portier, serta melakukan cek suhu tubuh di areal Pos Warsik bagi setiap orang yang keluar dan masuk dari Lapas.

Advertisement

Sedangkan untuk penyakit demam berdarah, dokter juga rutin melakukan sosialisasi dalam tema pola hidup sehat dan menjaga lingkungan di sekitar Lapas dan kamar maupun blok hunian warga binaan tetap bersih dan tidak membiarkan air tergenang, yang bisa mengakitbatkan nyamuk bertelur dan berkembang biak.

Demikian juga kegiatan yang dilakukan adalah dalam bentuk pencegahan penyebaran Virus Corona dan terserang penyakit demam berdarah.

Masih dikatakannnya, dalam bentuk mendukung upaya pemerintah untuk menetapkan protokoler kesehatan agar pegawai dan pengunjung serta warga binaan yang berada di dalam lingkungan Pemasyarakatan Kelas II A Binjai tetap stay healthy. (rill)

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button