Daerah

Turun ke 3 Desa, Tim Monev Kecamatan Ulu Barumun Periksa Sarana Fisik

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Tim Kecamatan Ulu Barumun bersama PDP melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan APBDes TA.2019 di tiga desa meliputi Desa Matondang, Pasar Ipuh dan Paringgonan, Rabu (15/1/2020).

Monitoring ke desa ini bertujuan untuk kelancaran program pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari anggaran dana desa (DD).

Tim monitoring yang dipimpin Sekretaris Kecamatan Ulu Barumun, Khoiruddin Muklis Daulay selaku koordinator monitoring dan evaluasi terhadap desa, memfokuskan pemeriksaan proses pembangunan sarana fisik dan pemberdayaan masyarakat.

Sekcam Khoiruddin Muklis Daulay mengatakan, dukungan masyarakat kepada pemerintah desa sangat diperlukan. Pasalnya, agar pengelolaan dana desa dapat berjalan dengan baik sesuai prosedur yang ada.

BACA JUGA :   Sinergitas Kapolsek Barumum Cegah Karhutla Bersama Pimpinan Kecamatan

“Skala prioritas pembangunan yang bersumber dari dana desa lebih mengutamakan kepentingan umum yang didasari musyawarah bersama seluruh elemen, tokoh masyarakat,” terangnya.

Kata Khoiruddin, monev ini dilaksanakan dengan cara tatap muka langsung dengan tim pelaksana kegiatan (TPK) tingkat desa.

“Kita melihat dan memeriksa satu persatu kelengkapan kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan mulai perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban dana kegiatan yang sudah dilaksanakan,” ujar Khoiruddin.

Tim Evaluasi Kecamatan Ulu Barumun berharap, agar desa dalam melaksanakan kegiatan dalam setiap bidang selalu berpedoman kepada aturan yang ada dan dalam penatausahaan keuangan agar menggunakan Aplikasi SISKEUDES (Sistem Keuangan Desa) untuk memperlancar dan mempermudah pelaksanaan dan pertanggungjawaban.

BACA JUGA :   Peserta Ujian Apresiasi Pelaksanaan Tes SKD CPNS Padang Lawas

Sebelumnya, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Syawalidah Lilariani Siregar dan Rifai Rangkuti mengatakan, monitoring ini juga sebagai bentuk pengawasan dengan turun langsung ke lapangan dengan melihat hasil pekerjaan fisik yang telah dilaksanakan dari anggaran dana desa tahun 2019 lalu.

Syawalidah dan Rifai Rangkuti selaku PDP Kecamatan Ulu Barumun mengatakan, hasil monitoring ada beberapa kegiatan pelaksanaan pembangunan di desa masih dalam proses penyelesaian dan finishing.

“Ada juga kegiatan pembangunan di desa yang masih dalam tahap pengerjaan, dan akan segera diselesaikan dengan cepat,” imbuh Syawalidah.

Adapun monitoring di Desa Matondang yakni pembangunan yang dilaksanakan pembagunan jalan rabat beton sepanjang 450 meter dengan lebar 2 meter, 1 unit plat deker serta pembukaan jalan sepanjang 1300 meter dengan lebar 4 meter.

BACA JUGA :   Mewakili Sumut, Guru MAN Labuhanbatu tak ada 'Ongkos' Terbang ke Jakarta

Sementara, di Desa Pasar Ipuh, pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa yaitu dek penahan banjir sepanjang 300 meter dengan tinggi 1,50 sentimeter.

Begitu juga di Desa Paringgonan kegiatan pembangunan sarana fisik yang dilaksanakan yaitu pembangunan drainase sepanjang 100 meter dengan tinggi 90 sentimeter, dek penahan tanah sepanjang 100 meter dengan tinggi 1 meter serta pengerasan badan jalan sertu, pembangunan jalan rabat beton sepanjang 200 meter dengan lebar 2 meter. (Ibnu Nasution)

Berikan Komentar:

Tags
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: