Daerah

Tim Gabungan Covid 19 Palas Jaring 100 Pelanggar Protokol Kesehatan

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Tim gabungan TNI – Polri dan Satpol PP melaksanakan Operasi Yustisi Peraturan Bupati (Perbup) Padang Lawas Nomor 31 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan (Prokes) di Kabupaten Palas, Rabu (16/9/2020).

Amatan di lapangan, Operasi Yustisi Perbup Palas yang digelar di Simpang Jalur Dua, Kecamatan Barumun, setiap pengguna jalan dimulai dari kendaraan pribadi hingga angkutan umum dan penumpang, menjadi sasaran operasi. Masing masing kendaraan distop dan diperiksa petugas yang tidak disiplin menjalankan Prokes salah satunya tidak pakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Anggota tim gabungan yang terlibat dalam Operasi Yustisi tersebut, TNI, Personil Polres Palas, Sat Pol PP, dan Dinas Kesehatan Palas yang tergabung di Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Pemkab Palas.

Advertisement

Kasat Satpol Pamong Praja Pemkab Palas, Rony Syaiful melalui Kabid Ops Khairuddin Siregar mengatakan, Operasi Yustisi menjaring 100 orang yang melanggar ketentuan Perbup, sehingga diambil penidakan teguran secara lisan dan didata identitasnya.

“Bagi masyarakat yang melakukan pelanggaran, diberikan peringatan lisan dan diminta untuk disiplin memakai masker,” kata Khairuddin.

Ia menambahkan, penerapan disiplin menjalankan Prokes sesuai Perbup 31 Tahun 2020, untuk tahap awal diberikan tegus secara lisan.

Namun untuk selanjutnya, kata dia, pelanggar akan dilanjutkan ke persidangan di tempat oleh Hakim dengan sanksi sosial dan berupa denda Rp 5000 sampai Rp 20.000 bagi per orangan, sementara bagi pelaku usaha akan diberikan sanski denda sebesar Rp 150.000. (ISN)

 

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button