Daerah

Soal Apkasindo Simalungun, PPKS Marihat Mengaku Hanya Menyalurkan Bibit

SIMALUNGUN | MIMBARRAKYAT.ID – APKASINDO Simalungun melakukan kerja sama kemitraan dengan Kelompok Tani Sawit Nagori Seitorop, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun. Namun sayangnya, beberapa kelompok tani merasa keberatan akibat banyaknya pohon sawit yang ditanam bermatian dan janji pinjaman yang sebesar Rp30 juta per hektar tidak terealisasi.

Saat ditemui dikantornya, Senin (7/9/2020), Ketua Apkasindo Simalungun mengaku sudah maksimal.

“Kita sudah disposisikan menanam kembali pohon sawit yang mati. KUD Tani Mandiri akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik bagi mitra-mitra kami,” akunya.

Dia mengakui, selama ini para petani Nagori Sei Torop tidak ada menyampaikan keluhannya terhadap KUD Tani Mandiri, namun hal ini baru diketahui setelah ramainya pemberitaan.

“Ketika ada pemberitaan, baru kami mengetahui tanaman sawit mereka banyak yang mati. Benar pada tahun 2019 UD Tani Mandiri ada membeli bibit sawit dari PPKS untuk kebutuhan kelompok tani yang ada di Sei Torop sesui surat sertifikat Nomor : 0574 yang dikeluarkan,” jawabnya.

Advertisement

Tak hanya itu, dia kembali mengakui, kelompok tani yang bermitra dengan Apkasindo berjalan dengan baik dan Apkasindo Simalungun sudah dihadiri oleh Dirjenbun, dan Ketua Dewan Pembina Pusat Apkasindo, Jendral (Purn) Moeldoko yang beberapa waktu lalu juga sudah berkunjung ke kantor Apkasindo Simalungun.

“Pinjaman yang awalnya akan diberikan pada petani sebesar RP30 juta perhektar berasal dari Bank BRI yang sejak awal bersedia bekerja sama, namun terahir dengan alasan tertentu pihak BRI membatalkan pijaman itu,” jelas Mahad Purba.

Terkait hal itu, Kepala Unit PPKS Marihat mengatakan, sehubungan dengan pembelian bibit siap tanam oleh Apkasindo Simalungun, pembibitan PPKS hanya menyalurkan bibit siap tanam kepada Apkasindo melalui KUD Tani Mandiri Desa Bahal Batu.

“Pihak KUD Tani Mandiri lah yang mendistribusikan kepada para petani sesui permohonan dari KUD Tani Mandiri bang,” jelas D Pohan ketika dikonfirmasi, Selasa (8/9/2020) (r)

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button