Daerah

Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Palas Gelar Zikir Akbar dan Doa Bersama

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas menggelar zikir akbar dan doa bersama di Masjid Al Munawaroh Sibuhuan, Kamis (20/8/2020).

Rangkaian kegiatan tahun baru islam itu, dilaksanakan usai sholat zuhur dan diisi dengan zikir akbar yang dipandu Al Ustadz Sehat Muda Hasibuan.

Al Ustadz Sehat Muda Hasibuan mengajak, para jemaah untuk zikir bersama sebagai bentuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta terhindari dari berbagai musibah.

Bupati Padang Lawas, H.Ali Sutan Harahap (TSO) mengucapkan, selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah kepada seluruh umat muslimin dan muslimat, para jamaah serta masyarakat Kabupaten Palas.

“Mari kita jadikan momentum tahun baru hijriyah ini sebagai wahana untuk muhasabah atau menginstropeksi diri dalam melaksanakan kewajiban kita kepada Allah SWT dengan kegiatan bermanfaat dan positif,” ajak TSO.

Selain itu, lanjut Bupati, sebaliknya sesama manusia yang menjadi kewajiban kita saling introspeksi diri sebagai wahana evaluasi. Khusus bagi remaja dan generasi muda melakukan kegiatan bermanfaat.

Bupati berharap, kedepan kegiatan memakmurkan masjid menjadi tradisi bagi remaja dan generasi muda untuk beraktivitas yang positif yang memberikan manfaat agar tidak merugikan diri sendiri.

“Remaja dan generasi muda sebaliknya, jangan menimbulkan gangguan Kamtibmas, melakukan perbuatan maksiat dan menggunakan narkoba yang berdampak merusak generasi muda penerus bangsa,” harap Bupati.

Al Ustadz Sehat Muda Hasibuan dalam ceramahnya menyampaikan, sebagai hamba Allah, mari terus evaluasi diri apakah segala perbuatan dan perkataan kita selama ini sudah memenuhi syarat untuk diterima oleh Allah SWT yang dilandasi keimanan, keilmuan, dan kemanusiaan sesuai dengan sunah rasul.

Advertisement

Sambung Al Ustad, apakah perbuatan yang telah kita lakukan selama ini, dapat memberikan manfaat bagi orang banyak atau justru banyak memberi mudharat bagi orang lain.

“Esensi daripada hijrah itu sebenarnya dapat kita pahami berupa peningkatan kualitas keislaman yang rahmatan lil ‘alamin,” tutur H.Sehat Muda.

Makna tahun baru hijriyah ini, kata dia, harus dimaknai sebagai kilas balik perjalanan kehidupan dalam satu tahun ke belakang serta memahami sekaligus menerapkan filosofi hijrah sebagai sebuah titik tolak peningkatan kualitas diri baik lahiriah maupun bathiniah demi mengharapkan berkah serta ridho Allah SWT.

Pada zikir akbar ini, hadir juga Wakil Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, Ketua DPRD Amran Pikal Siregar, Sekda Arpan Nasution, Kapolres AKBP Jarot Yusviq Andito, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0212/TS Kapten Inf.Soleh Hasibuan.

Tampak juga Kakankemenag Darwin Nasution, Ketua MUI H.Ismail Nasution Lc,.M.Th, Ketua NU Palas H.Syafaruddin Hasibuan MA, Al Ustadz H.Ahmad Fauzan Nasution SQ SHI, para pimpinan Ponpes se-Palas, Camat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ormas, OKP, Lembaga Adat, para santri/santriwati dari seluruh pondok pesantren serta jemaah pengajian. (ISN)

 

Advertisement
Back to top button