Daerah

Pemkab Labuhanbatu Terbaik 1 di Provinsi Sumatera Utara

LABUHANBATU | MIMBARRAKYAT.ID – Berdasarkan surat keputusan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPD) Provinsi Sumatera Utara no 002-6/278/BPSU/V/2020 atas hasil rapat pleno penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kabupaten/Kota se- Sumatera Utara tahun 2020 yang dilaksanakan pada 20 Februari 2020 Nama Kabupaten Labuhanbatu muncul sebagai Kabupaten terbaik dengan hasil penilaian diatas rata-rata. Diikuti dua kabupaten lainya seperti Padanglawas Utara dan Samosir.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Hobbol Z.Rangkuti, penilaian tersebut berdasarkan peningkatan capaian beberapa aspek yang dicapai pemerintah kabupaten Labuhanbatu diantaranya aspek pencapaian pembangunan hingga 30% meliputi pertumbuhan ekonomi dan PDRB Perkapita, Tingkat pengangguran terbuka dan jumlah penganggur, Kemiskinan, Indeks pembangunan manusia, Ketimpangan antar kelompok pendapatan (Gini Rasio) dan ketimpangan regional, Pelayanan publik, Keamanan dan ketertiban, Pengelolaan keuangan, Transparansi dan Akuntabilitas dan capaian pembangunan spesifik daerah.

“Kemudian aspek kwalitas dokumen RKPD (20%), meliputi Keterkaitan RKPD 2020 dengan RPJMD, RKP 2020 serta perencanaan wilayah sekitarnya,Konsitensi antar subtansi dalam dokumen RKPD 2020, Kelengkapan dan Kedalaman dokumen RKPD 2020 tingkat keterikatan perencanaan dalam dokumen RKPD 2020,” bilang dia.

Advertisement

Selain itu, aspek proses penyusunan dokumen RKPD (30%), Kualitas proses bottom-up dalam penyusunan RKPD 2020, Kualitas Top- Down dalam penyusunan RKPD 2020, Kualitas proses teknokratik dalam penyusunan RKPD 2020, dan Kualitas proses politik dalam penyusunan RKPD 2020.

“Ada juga aspek inovasi (20%) meliputi Input Inovasi, Proses Inovasi, Output Inovasi dan Outcome Inovasi,” bebernya.

Dia mengakui, 15 inovasi pembangunan daerah Kabupaten Labuhanbatu sesuai Permendagri no 90 tahun 2019 skor indeks inovasi daerah Kabupaten Labuhanbatu tahun 2019 yaitu 9.400 yang berada di urutan ke 35 kabupaten/kota SE Indonesia dan urutan pertama untuk kabupaten/kota di tingkat Provinsi Sumatera Utara, yaitu 3 inovasi fungsi pelayanan publik, 5 inovasi fungsi pendidikan, 5 inovasi fungsi pelayanan kesehatan, dan 2 inovasi fungsi ekonomi. (P Nababan/Rudy Wijaya)

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button