Daerah

Masak Bubur Asyuro Jadi Tradisi Masyarakat Palas Meriahkan Peringatan 10 Muharram

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Memasak bubur Asyuro sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di Kabupaten Padang Lawas dalam memeriahkan 10 Muharram. Khususnya, dikalangan Pengurus PKK Desa, Naposo Nauli Bulung serta ibu-ibu perwiritan.

“Kegiatan perlombaan bubur Asyuro di Desa Arsesimatorkis, Kecamatan Barumun, dijadikan ajang perlombaan di masyarakat. Bagi pemenang yang rasanya buburnya memenuhui standart dengan cita rasa yang enak dan lezat akan diberikan hadiah oleh Pemdes,” kata Kepala Desa Arsesimatorkis, Maragende Hutasuhut, Senin (31/8/2020).

Pantauan di sejumlah lokasi desa, kelurahan hingga kecamatan, melaksanakan memasak bubur Asyuro sebagai tradisi yang telah membudayakan di daerah Palas.

Advertisement

Salah seorang ibu perwiritan Yasin, S.Hasibuan yang ikut dalam perlombaan memasak bubur Asyuro menuturkan, tradisi memasak bubur Asyuro ini sudah menjadi tradisi di masyarakat secara turun temurun sejak dulu kala.

“Bagi masyarakat Palas yang mayoritas muslim, setiap menyambut bulan asyuro (10 Muharram-red), memasak bubur ini sudah menjadi ciri khas yang membudaya ditengah masyarakat,” imbuhnya. (ISN)

Advertisement
Back to top button