Daerah

Leli Ramayulis Ingatkan Warga Pentingnya Proteksi Diri Cegah Covid 19

PALAS | MIMBARRAKYAT.ID – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas, Hj Leli Ramayulis mengajak masyarakat untuk terus melakukan proteksi diri dengan disiplin mamakai masker sebagai kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari guna mencegah penyebaran covid 19.

Menutur Leli, memakai masker ini upaya pencegahan sesuai anjuran yang diterapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, physical distancing (menjaga jarak), rajin mencuci tangan dan menghindari keramaian saat melakukan aktivitas di luar rumah.

“Virus ini corona disease ini sangat berbahaya apabila kita sendiri tidak memproteksi diri akan lebih mudah terpapar Covid 19,” kata Leli saat pembagian masker secara gratis kepada masyarakat di lokasi Pusat Pasar Sibuhuan, Jumat (11/9/2020).

Dalam materi bertopikkan ‘Protokol Kesehatan di Tempat Kerja,’ dia mengatakan, virus corona adalah sejenis virus dari SARS atau flu burung dan sangat menular.

“Penularannya virus corona ini dari manusia ke manusia secara langsung sehingga perlu menjaga diri dari penyebarannya,” kata Kadis Kesehatan.

Dijelaskannya, penularan virus corona dapat terjadi dari satu orang ke orang lainnya yang berkontak dalam jarak dekat melalui percikan atau tetesan air (droplet) yang keluar dari hidung atau mulut orang yang terinfeksi saat batuk, bersin, batuk atau mengeluarkan napas.

Advertisement

“Saat ini pandemi Covid 19 masih berlangsung di sekitar kita, makanya perlu upaya pencegahan dengan langkah 4 M yaitu mencuci tangan dengan rajin, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan atau keramaian,” jelas Leli Ramayulis.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19, kata dia, tentu dibutuhkan peran serta masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dengan mematuhui protokoler kesehatan sebagai hal yang penting untuk melakukan pencegahan.

Untuk pencegahan, imbaunya, sebenarnya sangat mudah dengan cara menjaga daya tahan tubuh guna meningkatkan imun tubuh dan selalu disiplin menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Menjaga imun tubuh itu sangat mudah apabila kita menciptakan suasana hati yang senang, pikiran yang senang sehingga tidak menimbulkan kecemasan-kecemasn disamping justeru menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya. (ISN)

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button