Daerah

Kepala BNNK Labura : Tindak Pidana Narkoba Kejahatan yang Sangat Kompleks

LABURA | MIMBARRAKYAT.ID – BNNK Labuhanbatu Utara menyelenggarakan Program Pemberdayaan Penggiat Anti Narkoba melalui Workshop Lingkungan Masyarakat Desa, Kamis (3/9/2020) di Aula Hotel Anugerah Aek Kanopan.

Workshop yang diikuti sebanyak 20 peserta, berasal dari masyarakat Desa Damuli Pekan dan Desa Perpaudangan, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Dalam workshop ini, beberapa nama ditunjuk sebagai narasumber seperti Syofyan Yusma (Kadis PMD Labuhanbatu Utara), Karjono (Penyuluh Narkoba Ahli Madya BNNP Sumut), Roy Fadly Hasibuan (Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNNP Sumut) dan AKBP Khairullah (Kepala BNNK Labuhanbatu Utara).

Amatan di lokasi, workshop tersebut dimaksudkan untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan tentang Program P4GN kepada peserta sekaligus menginventarisir permasalahan narkoba di wilayah lingkungan tempat tinggal masing-masing peserta serta solusi pemecahannya yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement

Pada kesempatan tersebut, peserta juga membahas masalah penanganan kasus tindak pidana narkoba yang terjadi di wilayah mereka, serta masih maraknya peredaran gelap narkoba di tempat tersebut.

Kepala BNNK Labuhanbatu Utara, AKBP Khairullah menjelaskan, tindak pidana narkoba merupakan kejahatan yang sangat kompleks, maka penanganannya juga harus dilakukan secara khusus serta melibatkan seluruh instansi pemerintah terkait/stakeholder serta masyarakat desa.

Hal ini, kata dia, sesuai dengan peran serta masyarakat dalam penanganan P4GN yang diatur dalam Undang-undang No. 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Pada akhir kegiatan, Kepala BNNK Labuhanbatu Utara, menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam upaya P4GN, dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan selanjutnya di lingkungan masyarakat desa.(P Nababan/Rudy Wijaya)

Advertisement
Berikan Komentar:

Back to top button